Jualan Gak Laku-Laku Padahal Udah Ngiklan, Evaluasi 5 Hal Berikut

Written by Rini

Percakapan 2 Orang Teman Yang Suka Ngopi

Ibnu : Aduh pusing gue, kapok gue promosi. Ga lagi-lagi dah gue ngiklan beginian.
Jamil : Kenapa lu bro? Cerita sama gue sini sambil ngopi kita
Ibnu : Kesel banget. Bulan kemarin gue keluarin budget promosi buat produk gue. Gua iklanin pake facebook Ads, Instagram Ads, sampe ke Google Adwords juga. Tapi sampe sekarang hasilnya malah diluar dugaan gue.
Jamil : Lah emang lu udah abis berapa iklan begitu?
Ibnu : Hemm kalo ditotalin semua sih udah lebih dari 10juta. Tapi bukannya bikin orderan banyak malah puyeng gue. Ya emang sih 10juta mah belom apa-apa, tapi kan tujuan awal gue ngiklan itu biar produk gue banyak yang liat, laris juga kagak, apes iya
Jamil : Emang lu jualan produk apaan?
Ibnu : Kelambu bayi, stroller kereta bayi, ya perlengkapan bayi gitu
Jamil : itu lu iklan begitu udah tau strateginya kan? Kalo ga salah sih yang berhubungan sama Ads itu perlu kata kunci yang tepat dan target yang tepat juga, kalo asal ngiklanin ya jadinya bakar duit. Nih gue kasih tau ya, coba ente simak mungkin ini kesalahan yang ente lakuin. Ada 5 alasan kenapa bisnis ente ga menghasilkan.

Seruput Kopi...........

Jamil : Pertama, ga punya strategi penjualan. Bikin step by step yang mau dilakuin, mulai dari proses sampe dapetin hasil yang sesuai. Ini adalah kunci untuk memastikan konversi yang pasti buat bisnis. Kalo cuma asal-asalan aja mana bisa sesuai harapan hasilnya.
Kedua target konsumennya kurang tepat. Nih lu kan jualan perlengkapan bayi, berarti target lu itu perempuan yang punya anak, ibu-ibu rumah tangga, kalo perempuan nikah itu standarnya dari umur berapa. Fokus kesitu, janga lu targetin bapak-bapak yang suka koleksi motor hahha
Ketiga, lu kan punya anak buah nih yak, ya lu ajarin, lu trainingin anak buah lu. Kasih mereka pelatihan supaya paham sama produk jualan lu, biar mereka juga gampang nyampein ke calon pembelinya.
Keempat, ga punya alat yang dibutuhin. Ini udah era digital, elu promosi aja digital, masa pembukuan lu masih aja pake manual. Banyak aplikasi yang bisa lu gunain buat pembukuan lu. Lu catet ya ( bit.ly/gampang-banget ) ini bisa lu manfaatin, karena bisa di coba dulu itu aplikasi secara Gratis! Lu bisa ngerekap selama sebulan pengeluaran buat promosi lu berapa, orderan yang masuk berapa. Gampang kan?
Terakhir, ga tau waktu yang tepat. Nah ini nih, konsumen mau beli nih eh responnya malah lama. Jadi ragu buat belinya, harus tau nih kapan waktunya di follow up, kapan waktu diskon. Di awal tahun banyak diskon dimana-mana, nah itu sebenernya timingnya udah tepat. Tapi masih banyak yang belum sadar soal waktu.

Ibnu : nah itu tuh, gue masih ada kesalahan itu. Gue perbaiki deh, eh iya tadi apa link yang lu kasih ke gue coba gratis itu ?
Jamil : ( bit.ly/gampang-banget )
Ibnu : Oke deh, thanks buat sarannya bro

Mudah-mudahan cerita di atas bisa meminimalisir kesalahan kalian sebagai pelaku bisnis ya. Digital marketing itu mempermudah kalau kita tahu formula dan strateginya

Rini on Instagram
Rini
Owner @runayofficial
Content Creator

About the author

Rini

Owner @runayofficial
Content Creator

Leave a Comment