Jurus Menarik Pelanggan agar Tertarik dengan Produk Anda. Dijamin Sukses Membuat Penasaran

Written by Rendy

Dalam menjalankan Bisnis, hal yang paling penting adalah adanya pelanggan, istilah yang sering terdengar customer is king memang benar adanya. Bukan sebuah rahasia lagi jika pelanggan memang menjadi salah satu hal yang paling penting. Karena pelanggan ini lah yang membuat bisnis kita tetap bertahan dan terus berkembang.

Tema artikel ini adalah cara mendatangkan dan menarik pelanggan baru. Bagaimana pun sebagai pengusaha tentu kamu ingin tahu cara untuk mendapatkan pelanggan baru sembari mempertahankan para pelanggan lama yang sudah setia kan?

Lalu Bagaimana caranya menarik minat pelanggan baru atau pelanggan lama kita? Simak beberapa tips berikut ini :

  1. Berikan sesuatu kepada pelangganmu

berikan keuntungan bagi para pelanggan. Konsumen biasanya akan merasa senang bisa mereka mendapatkan banyak keuntungan dari transaksi pembelian yang mereka lakukan. Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan keuntungan lebih pada para pelanggan agar mereka semakin loyal dengan bisnis yang dijalankan. Setiap kali kita “memberikan” sesuatu, kita akan mendapatkan prospek lebih sebagai imbalannya. Semakin tinggi ‘hadiah’ yang kita berikan, semakin banyak klien yang akan datang. tawarkan hadiah menarik untuk menjaring banyak pelanggan. Para konsumen tidak segan-segan untuk membeli dalam jumlah besar sebuah produk, karena mereka tertarik dengan hadiah yang ditawarkan para produsen.

2. Berikan Dia Kejutan 

Berikan pelanggan dengan sajian yang tidak terduga maka kamu bisa membangun loyalitas terhadap brand dengan lebih baik. Selain itu, kemungkinannya kamu bisa lebih banyak menerima ucapan terima kasih dalam bentuk testimonial yang mana ini jadi jejak pencapaian Kamu yang organik. Orang-orang yang berpotensi menjadi customer Kamu akan melihatnya dan mempertimbangkan untuk menggunakan jasa/membeli produk Kamu karena mereka lebih mempercayai ulasan orisinil pengguna Kamu dibanding iklan dengan biaya pembuatan yang luar biasa banyak di televisi. Benarkah? Ya, karena era digital telah berlangsung cukup lama, para pembeli menggantungkan penilaiannya terhadap nilai Kamu di dunia online.

3. Manfaatkan Media Sosial

Di zaman sekarang, teknologi merupakan sesuatu yang sangat penting dan telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan, baik untuk komunikasi, hiburan maupun bisnis. Lalu alasan apa kamu tidak menggunakannya? Memasuki era serba digital seperti sekarang, para pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan strategi pemasaran. Jika dulunya para pelaku usaha sangat mengandalkan metode pemasaran offline dalam melakukan transaksi jual beli, kini seiring dengan menjamurnya media informasi dan internet maka jarak dan waktu dapat ditembus dengan mudah. Misalnya saja dengan membuka toko online, memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mempromosikan sebuah produk, serta masih banyak lagi strategi pemasaran online lainnya yang bisa dimanfaatkan dengan mudah dan murah.

4. Sebarkan Informasi Bisnismu dari Mulut ke Mulut

sebarkan informasi melalui pemasaran word of mouth. Memanfaatkan bantuan konsumen dalam memasarkan sebuah produk memang menjadi pilihan tepat dalam hal pemasaran. Untuk itu, sebisa mungkin ciptakan produk yang berkualitas , unik dan strategi pemasaran yang menarik untuk memancing rasa penasaran para konsumen.

5. Jadikanlah Pelanggan Sebagai Teman

Berikan sambutan terhangat kepada setiap pengunjung saat mereka memasuki toko Kamu, perlakukan mereka seperti teman dekat atau bahkan keluarga Kamu sendiri. Hal ini akan membuat pengunjung toko Kamu nyaman dan merasa dihargai saat berada di dalam toko Kamu. Secara tidak langsung juga akan membuat mereka memandang positif terhadap toko Kamu. 

Bahkan, Kamu pun dapat mencontoh pelayanan beberapa merek besar saat menyambut pengunjung berbelanja yang tak segan untuk menawarkan air, jus, dan snack.  Pelayanan seperti ini akan membuat pelanggan merasa sangat nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu yang cukup lama di toko Kamu.

Kamu dapat membangun sebuah hubungan yang baik agar mereka dapat mempercayai Kamu, layaknya mereka mempercayai teman mereka sendiri.

6. Pelajari Kembali Produk dan cara Penjualanmu

Kamu sudah melakukan berbagai cara, tetapi tetap saja tidak ada pelanggan atau customer baru yang datang. Hal ini mungkin disebabkan bukan cara Kamu yang salah, tetapi mungkin produk atau cara penjualan Kamu yang salah. Lihat kembali ‘database’ Kamu, dan lakukan pengecekan apakah ada kesalahan terkait hal itu. 

NOTE : Jangan halangi konsumen membeli di tempat lain

Kamu harus bisa membuktikan membeli produk ditempat Kamu lebih banyak menguntungkan daripada membeli produk yang sama di tempat lain. Namun, Kamu tetap harus membiarkan konsumen menggunakan haknya membeli dari tempat lain. Ingat, jangan pernah paksa konsumen 

 

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment