Kelebihan dan Kekurangan Financial Technology

Written by Yopi

Financial Technology atau yang biasa kita sebut dengan nama fintech merupakan gambaran tentang penggunaan teknologi (hardware dan Aplikasi Mobile dan jaringan Internet) didalam transaksi keuangan atau transaksi finansial yang inovatif dan kreatif serta efisien. Keberadaan fintech diharapkan dapat mempermudah proses transaksi keuangan yang lebih praktis dan aman.

Proses transaksi keuangan ini meliputi proses pembayaran hingga yang paling populer adalah peminjaman uang. Perkembangan fintech di Indonesia cenderung sangat masif terutama dalam bidang peminjaman uang. Hal ini tak lepas dari banyaknya kemudahan bagi para pengguna dalam melakukan peminjaman uang untuk berbagai jenis kebutuhan, baik untuk membuat usaha ataupun kebutuhan pribadi.

Tujuan utama Fintech adalah mengurangi biaya infrastruktur lembaga keuangan, memberikan layanan keuangan terbaik kepada pelanggan akhir (konsumen), bukan untuk mengeluarkan bank dari bisnis. Berikut adalah kelebihan fintech yang bisa diperoleh oleh perusahaan maupun konsumen sebagai berikut:

Memudahkan Akses Pinjaman

Memudahkan akses terhadap peminjaman menjadi alasan utama mengapa pembiayaan lending telah menjadi alternatif yang bagus untuk mendapatkan modal adalah karena kemudahan proses melalui aplikasi dalam pengajuan pinjaman untuk modal usaha.

Dengan pendanaan ini, bank dan pemodal ventura bukan lagi satu-satunya sumber modal dalam hal ini. Biasanya, setiap investor yang tergabung di dalam suatu platform akan diberi kebebasan untuk memilih sendiri jenis UKM yang akan dibantunya.

Setiap UKM akan cenderung memiliki tingkat risiko dan tingkat pengembalian yang berbeda untuk investor. Semakin besar risiko dari sebuah UKM yang dipilih, tentunya akan memberikan bunga pengembalian yang juga lebih besar.

Pelayanan Efisien

Dengan adanya fintech Konsumen bisa menikmati pelayanan keuangan yang lebih nyaman dan efisien. Aplikasi fintech sangat membantu Anda dalam mengontrol keuangan Anda. Pada aplikasi ini dilengkapi dengan jadwal pemberitahuan tentang pembayaran tagihan.

Melalui pemberitahuan ini Anda tentu bisa melihat jumlah uang yang yang harus dikeluarkan untuk tagihan. Anda bisa mengontrol keseimbangan uang Anda antara uang masuk dengan uang keluar.

Proses Cepat

Fintech memberikan proses pelayanan keuangan yang sangat cepat. Seperti proses dokumentasi keuangan, proses pinjaman, atau validasi skor kredit. Proses-proses ini lebih cepat dan sangat efisien.

BUAT LAPORAN KEUANGAN UKM SOFTWARE ACCURATE ONLINE

Selain memiliki keuntungan dan kelebihan, nyatanya fintech lending di Indonesia memiliki kekurangan yang perlu Anda waspadai. Ini dia berikut kekurangan fintech yang  didapatkan pelanggan:

Pertama: Diperlukan komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet untuk mengakses layanan teknologi keuangan.

Kedua: Belum semua mengerti penggunaan layanan keuangan berbasis teknologi tersebut, khususnya yang minim informasi.

Ketiga: Rawan penipuan, tidak sedikit perusahaan rintisan yang menawarkan iming-iming dengan keuntungan tinggi yang pada ujungnya adalah penipuan, jadi Anda harus berhati-hati dalam menentukan layanan keuangan yang tepat.

Keempat: Biaya bunga lebih tinggi. Umumnya layanan fintech lending di Indonesia sebagian besar mengandalkan keuangan tradisional dalam menyalurkan pinjaman. Hal ini dapat menambah biaya yang dikeluarkan konsumen.

Setelah memahami keuntungan, kelebihan, dan kekurangan fintech lending di Indonesia, sekarang Anda tentu lebih paham seputar hal positif dan yang harus Anda waspadai seputar dunia peminjaman digital ini. Tertarik untuk meminjam atau mungkin menjadi investor?

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment