Kenapa IKEA Menjual Makanan Sangat Murah?

Written by Anto

Jika mendengar nama IKEA sudah pasti yang tergambar di pikiran kita adalah furnitur seperti kursi, meja, lemari dan juga perabot rumah tangga lainnya. IKEA merupakan tempat perbelanjaan furnitur dan perabot yang berasal dari Swedia. Sebuah konsep unik dan mewah yang diterakpkan oleh IKEA membuat pengunjung merasa berada di sebuah rumah saat mengunjungi toko IKEA. Di Indonesia, IKEA pertama kali dibuka pada tahun 2014 di daerah Alam Sutera, yaitu di jalan Sutera Boulevard Kav 45 Serpong.

Luasnya area IKEA pastilah akan membuat para pengunjung merasa lelah dan lapar jika harus berkeliling untuk memilih produk yang mereka inginkan. Hal ini menjadi strategi tersendiri bagi IKEA untuk memberikan kesan menyenangkan bagi pengunjung yaitu dengan menyediakan restoran khas Swedia di setiap IKEA. Salah satu menu khas Swedia yang menjadi menu favorit adalah Swedish meatballs.

Dikutip dari kompas.com “Kami selalu menyebutnya bakso yang terbaik untuk menjual sofa," kata Gerd Diewald, yang menjalankan restoran IKEA di Amerika Serikat. Menurut dia, sulit untuk melakukan bisnis dengan keadaan pelanggan yang lapar. Ketika diberi makan, pelanggan tinggal lebih lama dan dapat berbicara tentang potensi pembelian. Pelanggan juga akan membuat keputusan tanpa meninggalkan toko. 

Dengan berfokus pada divisi kuliner, IKEA telah mengubah makanan menjadi salah satu segmen yang tumbuh paling cepat sekaligus pendukung keberhasilan produk-produk utama IKEA yaitu furnitur dan perabotan.

Perusahaan ini sekarang mempertimbangkan fase berikutnya dari yang sebelumnya menjadi pendapatan tak terduga ini, menuju perluasan kafe yang berdiri sendiri di pusat-pusat kota.

Makanan di IKEA murah?

Tim La Cour dari IKEA selalu memeriksa setiap bagian dari bisnis makanan IKEA dan menerapkan jenis yang sama untuk bisnis furniturnya.

Tim ini berupaya merampingkan rantai pasokan, dengan bermitra bersama sebuah peternakan salmon. Ini juga diikuti dengan penandatanganan bersama penyedia kopi dan cokelat. Upaya ini mampu mengurangi limbah sampai 30 persen. Dengan cara itu harga makanan yang ditawarkan bisa menjadi lebih rendah meskipun makanan disajikan dalam bentuk elegan dan kualitas tinggi. 

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment