Milenial Booming! Ketika Bisnis Ada Di Era “Sesuai Aplikasi Ya”

Written by Vikrie

Istilah yang belakangan cukup populer di kalangan pengguna aplikasi Ojek Online. Biasa istilah ini digunakan untuk mengkonfirmasi pesanan yang dipesan oleh pengguna jasa Ojek Online tersebut. Sampai-sampai Apps Ojek Online tersebut memberikan tombol Auto Text hanya untuk sekedar menjawab pertanyaan tersebut. Saking populernya istilah ini, sampai dibuat filmnya juga. Ya, Film dengan judul Sesuai Aplikasi yang dibintangi Titi Kamal sukses dirilis pada 2018 lalu.

Namun seiring waktu, kita memang dipaksa untuk beradaptasi dengan gaya hidup mudah layaknya membuka dan mengklik sebuah aplikasi di smartphone. Hal wajar ketika banyak bisnis berlomba mengembangkan aplikasi untuk menunjang bisnisnya. Karena pertumbuhan user digital terutama pengguna Smartphone sangat luar biasa besar.

Milenial Booming! Ketika Bisnis Ada Di Era

Populasi Digital 2019

Jika melihat statistik pengguna Smartphone di seluruh dunia berdasarkan data dari Hootsuite per Januari 2019 lalu, kita melihat pengguna smartphone sudah mencapai 5,1 Miliar! Jelas ini adalah market yang sangat penting untuk Anda pikirkan ketika membangun sebuah bisnis di Era Sesuai Aplikasi seperti pembahasan tulisan ini.

Pada akhirnya memang terdapat perubahan perilaku konsumen yang sangat signifikan. Para konsumen kini bisa mendapatkan layanan servis atau pembelian barang tanpa banyak basa-basi menawar harga atau sekedar buang energi untuk datang ke penyedia layanan atau si penjual barang.

Mulai dari kebutuhan konsumsi pribadi, rumah tangga, hingga layanan self treatment yang sebenarnya sudah ranah yang agak pribadi bisa dipesan cukup bermodalkan kuota di smartphone kita. Bahkan dengan modal kuota ini, kita betul-betul mendapatkan jaminan Harga terbaik dan termurah dibanding ketika kita mendatangi toko fisiknya. Jelas saja online order lewat apps ataupun website menjadi solusi cerdas dan hemat bagi konsumen zaman now, apalagi milenial yang banyak menjadi segmen paling menarik untuk disasar pebisnis Sesuai Aplikasi.

Milenial Booming! Ketika Bisnis Ada Di Era

Sebaran Milenial DI Indonesia

Dilihat dari Jumlah dan Sebaran Milenial yang cukup merata, ini menjadi potensi pasar yang sangat menjanjikan oleh bisnis yang sedang atau akan Anda jalankan, asalkan penuhi kebutuhan mereka akan kebutuhan gaya hidup yang simpel minimalis semudah mengatakan "Sesuai Aplikasi". Lupakan dan tinggalkan prosedural serta birokrasi operasional rumit ketika bisnis Anda berurusan dengan Milenial. 

Nah berikut juga akan kita bahas 3 alasan kuat lainnya Anda harus bangun bisnis Sesuai Aplikasi yang ramah milenial :

#1 Milenial Menyukai Kecepatan

Para Milenial tidak menyukai Antrian, kebanyakan mereka tidak sabar menghadapi pelayanan yang bertele-tele. Jika Anda menjual barang atau jasa untuk segmen milenial lewat online atau Aplikasi, pastikan Anda bisa memenuhi deadline ataupun timeframe delivery.

#2. Milenial Menyukai Visual & Marketing Kreatif

Tidak bisa terelakkan, social media seperti Instagram saat ini seakan jadi kitab suci para milenial yang juga akan mempengaruhi perilaku dan sikap milenial. Dan influencer seakan menjalankan tugasnya dengan baik ketika menyajikan barang endorsenya beserta kode kupon digital ketika belanja dengan kode tersebut di halaman Apps ataupun website yang sedang mengendorse. Lupakan cetak brosur atau sebar flyer berisi potongan diskon. Jika Anda harus berinvestasi besar demi tampilan desain visual yang sempurna untuk mengenalkan produk, mau tidak mau harus Anda lakukan.

#3 Milenial Lebih Memilih Makanan Lokal Sehat

Ya pembahasan kita di tulisan ini pun memulai dari sedang Hypenya istilah Sesuai Aplikasi di jasa pemesanan makanan di platform Ojek Online. Dan alasan kuat ke 3 ini akan makin menegaskan bahwa ketika Anda ingin berbisnis makanan online yang mensasar milenial, pastikan Anda memperhatikan kualitas dari bahan makanan yang akan Anda sajikan. Sodorkan kelebihan dan manfaat dari bahan makanan yang Anda pilih.

Nah, 3 alasan kuat tersebut diatas yang harus bisa Anda bangun ketika ingin membangun bisnis Sesuai Aplikasi yang ramah milenial. Jadi sudah terbayang mau bisnis Sesuai Aplikasi apa bukan?

Vikrie
A lifetime learner, Full passionate Marketer

About the author

Vikrie

A lifetime learner, Full passionate Marketer

Leave a Comment