Kontrol Usaha Anda dengan Cara yang Mudah

Written by Yopi

Mendirikan badan usaha tentu saja bukanlah hal yang mudah dilakukan, perlu persiapan yang matang untuk melakukannya. Persiapan yang diperlukan tentu bukan hanya sekedar pengetahuan tentang bisnis dan modal yang harus dimiliki tetapi juga perlu memahami cara menjalankan usaha dan bagaimana cara mengontrol usaha dengan mudah ketika Anda tidak berada di Kantor/lokasi usaha.  

Mungkin kita pernah berfikir bahwa menjadi seorang pebisnis kita akan kesulitan berlibur/meninggalkan bisnisnya dalam waktu yang cukup lama, dan tentu akan ada rasa kuatir bisnis yang kita tinggalkan akan jatuh dan customer akan lari ke pemasok lain dan sebagainya. Faktanya, banyak bisnis yang jatuh ketika pemilik bisnis meninggalkan bisnisnya dalam waktu yang cukup lama, Contohnya Liburan, Bangun bisnis baru dll

Pemilik bisnis seharusnya tetap bisa menikmati liburan bersama keluarga tecinta dan tidak perlu merisaukan usahanya ketika liburan jika dapat memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki. Berikut Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis agar tetap efektif, fleksibel dan produktif meskipun anda sedang berlibur :

Pertama: Pendelegasikan Pekerjaan

Mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan atau orang kepercayaan Anda untuk menjalankan bisnis selama liburan ataupun kegiatan lain yang harus meninggalkan bisnis adalah hal yang sangat perlu dilakukan. Intruksikan dengan jelas mengenai target-target spesifik dan tujuan yang ingin dicapai sehingga Karyawan atau Orang kepercayaan yang menerima delegasi dapat bertanggung jawab dan bekerja dengan maksimal. 

Jika cara ini sudah dilakukan, anda bisa menikmati liburan anda dengan tenang dan nyaman karena tahu bahwa anda sudah percaya lebih kepada delegasi anda untuk menjalankan bisnis sesuai harapan dan target.

Kedua: Membuat Standard Operasional Perusahaan (SOP)

Dalam dunia bisnis standart operasional perusahaan atau lebih dikenal dengan SOP merupakan hal penting dalam internal control perusahaan. Standard Operasional perusahaan (SOP) harus jelas, dan sangat penting dilaksanakan sesuai dengan bagiannya masing-masing dan harus dipertanggung jawabkan. Misalkan menekankan kepada setiap karyawan untuk menyapa semua konsumen dengan ramah dan saling menghargai satu sama lain.

Ketiga: Menggunakan Sistem

Dalam melakukan aktivitas pekerjaan perlu juga  mempersiapkan alat bantu yang dapat memudahkan pekerjaan dan mempercepat proses pengerjaan, hal tersebut tentu akan sangat mempengaruhi hasil kerja yang didapat sehingga produktifitas akan bertumbuh sesuai dengan harapan. Maka perlu menggunakan sistem yang tepat untuk memudahkan kontrol usaha baik dari lingkungan tempat usaha atau bahkan Anda dapat mengontrolnya dari jarak jauh.

Perlengkapan yang dapat Anda gunakan adalah CCTV, dengan menempatkan kamera pemantau di tempat-tempat yang dirasa perlu tentu akan memudahkan memantau dari jarak jauh yang bisa dilihat melalui smartphone dan untuk pekerjaan pembukuan usaha Anda dapat menggunakan Software Akuntansi berbasis Cloud yang dapat membantu Anda melihat dan mengontrol transaksi keuangan usaha dari manapun sehingga tidak kehilangan kontrol atas pencatatan pembukuan yang dilakukan staff yang di delegasikan. 

Link terkait

Software Akuntansi berbasis Cloud

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment