Langkah Menentukan Segementasi Pasar di Era Digital

Written by Anto

Segmentasi pasar sangat Anda perlukan terutama jika Anda ingin memasarkan produk yang Anda miliki melalui media iklan berbayar. Segmentasi pasar yang tepat akan menghasilkan konversi iklan yang efektif. Tanpa menentukan segmentasi pasar, bisa saja iklan Anda akan melanglang buana tanpa arah dan sasaran yang jelas. Sebagai contoh jika Anda ingin mengiklankan produk kecantikan di facebook ads tetapi Anda tidak menentukan segmentasi pasar, bisa saja iklan Anda akan sampai kepada pengguna facebook laki-laki yang jelas-jelas tidak memerlukan produk Anda. Untuk itulah Anda perlu menentukan segmentasi pasar untuk memasarkan produk Anda di era digital.

Segemntasi Pasar Berdasarkan Demografi

Anda bisa membuat segmentasi pasar atau mengelompokkan target market dari promosi Anda berdasarkan demografi agar promosi atau iklan Anda tepat sasaran. Demografi banyak sekali macamnya seperti: usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, agama, jabatan pekerjaan dan lain sebagainya. Dengan menentukan target pasar berdasarkan demografi maka tujuan iklan Anda akan sampai kepada target yang lebih spesifik. Analogi mudahnya, jika Anda mengiklankan pisau pencukur kumis, maka target berdasarkan demografi yang bisa Anda tentukan antara lain orang yang berjenis kelamin laki-laki dan memiliki rentang usia antara 17 - 70 tahun.

Segmentasi Pasar Berdasarkan Letak Geografi

Segmentasi pasar berdasarkan letak geografi menjadi penting ditentukan jika produk yang Anda jual memiliki karakteristik tertentu, misalnya makanan yang cepat basi, atau barang yang tidak tahan jika dikirim dalam waktu yang lama. Untuk kondisi seperti ini sebaiknya Anda menentukan target pasar untuk promosi iklan adalah orang-orang yang berada dalam 1 kota dengan Anda.  

Sedangkan untuk produk yang praktis dan mudah untuk dijual secara nasional, Anda bisa menentukan target pasar ke lokasi kota-kota besar terlebih dahulu. Setelah iklan atau promosi Anda berjalan beberapa saat, Anda harus menganalisis kembali tentang performa iklan Anda di berbagai kota yang Anda pilih tersebut. 

Segmentasi Pasar Berdasarkan Behavior (Perilaku)

Anda tentu tidak bisa menebak-nebak tingkah laku manusia. Namun perilaku mereka bisa dipelajari oleh berbagai media iklan digital seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan lainnya untuk membantu para pengiklan produk dalam menentukan target pasarnya berdasarkan behavior dan interest. Sebagai contoh orang yang suka melakukan share link website dengan konten polotik, maka kemungkinan orang tersebut menyukai topik politik. Orang yang suka memberikan like terhadap foto atau konten tentang bayi di instagram atau facebook, kemungkinan besar orang tersebut bisa mejadi target iklan Anda jika Anda menjual produk-produk bayi.

Itulah gambaran tentang segmentasi pasar yang bisa Anda gunakan untuk menentukan langkah awal dalam berikan melalui media digital agar iklan Anda tepat sasaran dan menghasilkan konversi yang tinggi dan meningkatkan penjualan produk Anda.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment