5 Menit, Cara Cepat Buat Laporan Keuangan Perusahaan

Written by Doni

Sebagai seorang pebisnis kita selalu berpikir bagaimana cara agar bisnis bisa terus berjalan dengan cepat, cash flow lancar dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Namun kita sering sekali melupakan laporan keuangan usaha demi kesuksesan bisnis yang di jalankan. Padahal laporan keuangan adalah tulang punggung sebuah perusahaan, dengan laporan keuangan sebuah perusahaaan akan tahu kemana mereka berjalan.

Jika perusahaan di ibaratkan mobil, sebuah mobil apa akan melewati tol? atau melewati jalan umum?, kapan waktunya untuk mengijak pedal gas dalam-dalam dan kapan harus pasrah karena kejebak macet. Dengan laporan keuangan tentunya sebagai seorang pebisnis akan tahu apa yang akan mereka lakukan dan hadapi, terlebih kedepan akan banyak ketidak pastian pasar.

Oleh sebab itu, kami akan memberikan panduan kepada para pemilik usaha untuk bisa mengetahui cara membuat laporan keuangan sederhana untuk perusahaan kecil. Meskipun sederhana, tetapi laporan keuangan ini akan sangat mudah dipahami serta diterapkan oleh para pemilik usaha skala kecil dan tentunya sesuai SAK (Standar Akuntansi Keuangan).

Cara Cepat Buat Laporan Keuangan Perusahaan

Sebelum memulai membuat laporan keuangan perusahaan kecil, kamu sebagai pengusaha harus mempersiapkan beberapa hal yang wajib dipersiapkan. Hal-hal ini akan sangat berkaitan dengan catatan keuangan bisnis kamu dalam periode tertentu.

Misal, jika kamu ingin membuat laporan keuangan selama satu bulan periode akuntansi, maka kamu harus mempersiapkan catatan-catatan keuangan selama satu bulan tersebut. Catatan-catatan ini akan menjadi sumber utama dalam membuat laporan keuangan yang akan dibuat. Beberapa catatan yang harus dipersiapkan:

  • Catatan Pembelian Barang
  • Catatan Penjualan Barang
  • Catatan biaya-biaya
  • Catatan Hutang
  • Catatan Piutang
  • Catatan Kas Usaha

Catatan-catatan tersebut akan menjadi acuan dasar dalam penyusunan laporan keuangan bisnis yang Anda miliki. Setelah laporan keuangan dibuat, Anda bisa menyusun laporan keuangan neraca. Dalam bahasa awam, neraca adalah laporan posisi keuangan usaha. Pada laporan ini, keuangan usaha antara aktiva dan pasiva harus seimbang. Jika tidak seimbang, keuangan usaha Anda bermasalah atau Anda melakukan salah pencatatan hal itu akan menyebabkan kerugian pada Anda.

Contoh Laporan Neraca

Contoh laporan keuangan sederhana neraca (www.ssbelajar.com)
Contoh laporan keuangan sederhana neraca (www.ssbelajar.com)

Setelah laporan keuangan neraca selesai dibuat, saatnya Anda membuat sebuah laporan keuangan untuk memperlihatkan berapa laba dan rugi keuangan usaha yang Anda miliki. Sehingga Anda bisa mengetahui berapa keuntungan yang sudah Anda dapatkan dari usaha yang Anda jalankan dan berapa kerugian yang Anda alami dalam periode tertentu.

Baca Juga : Accurate Online, Software Akuntansi Terbaik Putra-Putri Indonesia

Contoh Laporan Keuangan Laba dan Rugi

Contoh Laporan laba rugi
Contoh Laporan laba rugi

Itulah laporan keuangan laba rugi yang harus Anda buat disetiap akhir periode akuntansi. Seperti contoh diatas yang merupakan laporan laba rugi bulanan yang dibuat oleh satu perusahaan kecil. Cara membuat laporan keuangan sederhana untuk perusahaan kecil diatas tidak terlalu ribet dan sangat mudah Anda buat tanpa harus menyewa jasa seorang akuntan yang cukup mahal bahkan tanpa harus mempelajari ilmu akuntansi hingga mendalam.

Contoh Laporan Arus Kas

Laporan keuangan arus kas
Laporan keuangan arus kas

Laporan arus kas dibuat untuk mengetahui jumlah arus kas masuk dan keluar. Dengan adanya laporan keuangan arus kas ini, Anda bisa mengetahui berapa uang kas yang telah masuk dan berapa uang kas perusahaan yang Anda keluarkan untuk biaya-biaya operasional perusahaan.

Laporan Perubahan Modal

contoh Laporan keuangan perusahaan kecil laporan perubahan modal (akuntasis.blogspot.com)
contoh Laporan keuangan perusahaan kecil laporan perubahan modal (akuntasis.blogspot.com)

Laporan keuangan perubahan modal adalah sebuah laporan yang menggambarkan perubahan modal perusahaan. Seperti yang Anda lihat diatas, laporan keuangan perubahan modal. Dimana terlihat di kolom paling atas modal awal yang dimiliki oleh perusahaan, dan modal akhir pada periode akuntansi bulanan di paling bawah yang angkanya telah berubah. Ketika Anda ingin membuat laporan keuangan perubahan modal, maka Anda bisa mengetahui sumber perubahan modal perusahaan dengan akurat.

Cara Cepat Buat Laporan Keuangan Perusahaan untuk perusahaan kecil yang umum dan wajib dibuat oleh setiap pemilik usaha. Dengan mengetahui cara membuat laporan keuangan, Anda bisa menentukan sumber keuangan apa saja yang harus dimasukan dalam setiap laporan keuangan.

Nah bagi kamu yang ingin move on dari pencatatan pembukuan yang jadul kami menyarankan software akuntansi terbaik buatan putra-putri bangsa Indonesia, yaitu Accurate Online. Kamu bisa isi form di bawah dan akan di kirimkan link trial senilai Rp. 200.000 dan juga video mastering senilai Rp. 1.000.0000 . Waw bukan?

]]>
Doni

About the author

Doni

Add Comment

Leave a Comment