Log In With Apple? Apa lagi nih?

Written by Anto

Halo guys sebagai pengguna gadget tentu kita sering sekali berurusan dengan yang namanya log in ke sebuah aplikasi. Dengan log in maka kita bisa mendapatkan berbagai layanan dan memanfaatkan kemudahan fitur dari aplikasi yang kita gunakan tersebut. Namun dengan login ini juga pengembang aplikasi dengan leluasa bisa mendapatkan data kita yang bisa mereka manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Wah apa iya? ya begitulah guys. 

Sebagai contoh mudahnya saja ya guys, saya kutip dari artikel yang ditulis di laman tirto.id,  CEO dari Apple yaitu Tim Cook atau biasa disebut sebagai panglima Apple mengatakan bahwa Facebook dan Google hidup dari data penggunanya. Pada tahun 2018 dengan menawarkan " personalized ads", Facebook memperoleh uang senilai $23 miliar dari pasar iklan digital Amerika Serikat atau sekitar Rp. 322.000.000.000.000. Sedangkan Google unggul dengan penghasilan  sebanyak $42 miliar atau sekitar Rp. 588.000.000.000.000. Bayangkan guys sebanyak apa itu uang?

Apple Ingin Menyaingi Facebook

Sekarang kalau kita mau login ke aplikasi biasanya akan menemukan tampilan yang kurang lebih hampir sama yaitu mengharuskan kita mengisi alamat email/ No. Ponsel, lalu dibawahnya ada keterangan Login dengan Google lalu ada juga log in dengan Facebook kurang lebih seperti gambar ini:

Masuk dengan Facebook atau masuk dengan Google adalah cara termudah yang bisa dilakukan untuk log in ke aplikasi tanpa perlu mengikuti proses untuk membuat sebuah akun dari aplikasi yang akan kita masuki. Log in dengan cara ini disebut dengan istilah single-sign-on yang memusatkan berbagai layanan internet untuk hanya diakses oleh satu akun tunggal. Facebook merupakan "identitas internet defacto" sesuai yang ditulis Wired.com. Dengan menggunakan akun Facebook yang dimiliki maka pengguna sudah dapat dengan mudah untuk log in ke aplikasi seperti tokopedia, accurateonline.id, Spotify, Netflix, Grab dan lain sebagainya. Dengan kata lain para pengguna yang baru ingin menggunakan layanan dari aplikasi tertentu seolah tidak diwajibkan untuk membuat atau mendaftar akun baru. Cukup menyerahkan data identitas Facebooknya dan melakukan sedikit bentuk Verifikasi maka selesai sudah proses pendaftaran akun di aplikasi tersebut. Sayangnya single-sign-on seperti ini bermasalah. Sebagai contoh dalam kasus Facebook. Penelitian yang dilakukan oleh Steven Englehardt, Gunes Acar dan Arvind Narayanan dari Princeton University menegaskan bahwa terdapat celah keamanan yang termaktub dalam "log in with Facebook".

Dalam penelitian di tahun 2018 terhadap OnAudience, Augur, Lytics, ntvk1.ru, ProPS, Tealium, Forter, layanan-layanan internet yang memiliki akses application programming interface (API) Facebook untuk melakukan “Log In With Facebook”, tiga orang peneliti itu mengungkap bahwa layanan-layanan itu sanggup mencuri data pengguna Facebook, seperti nama, e-mail, usia, tanggal lahir, dan informasi lainnya, tanpa disadari. Yang lebih mencengangkan, bukan hanya OnAudience, Augur, Lytics, ntvk1.ru, ProPS, Tealium, Forter saja yang berulah. Ada 434 dari satu juta layanan internet teratas pengakses API Facebook yang berbuat curang.

Inovasi dan Janji Apple

 

Apple tidak pernah main-main dengan masalah privasi. "Privasi merupakan hak asasi manusia yang paling mendasar" tegas Tim Cook, CEO Apple.

Untuk masalah kemudahan dan keamanan log in, Apple tengah merilis sebuah layanan yang disebut dengan " Log In With Apple" yang merupakan layanan single-sign-on bermazhab "Privacy First". Seperti yang dilansir dari BuzzFeed News, log in with Apple memanfaatkan disposable email atau randomly generated email, alias email yang menyamarkan alamat email asli pengguna. Craig Federighi, menegaskan bahwa kemampuan ini “menghilangkan segala bentuk pelacakan” yang dilakukan layanan internet dengan memanfaatkan email si pengguna. Kira - kira bagaimana menurut kamu?

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment