Mana yang lebih menguntungkan? Menggunakan Jasa Konsultan atau Pakai Software Akuntansi

software akuntansi dan konsultan pajak
Written by Rendy

Mendengar kata bisnis, membangun sebuah bisnis tidak ada kata cara instan, semua ini tentang konsisten dan kedisiplinan diri  sampai bisnis itu bisa berjalan dengan sendirinya. Dalam bisnis, perhitungan keuangan juga sangat perlu diperhatikan, kamu harus putar otak uang yang kamu keluarkan lebih efektif dalam menjalankan bisnis

untuk  yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis, memang ngeri-ngeri sedap. Kalau sampai salah langkah sedikit saja, bisa-bisa usaha yang kamu jalani cepat bangkrut. Namun, kalau takut memulai, bisnis juga nggak akan jalan.

Akuntansi menjadi masalah yang kompleks setelah pemasaran. Akan banyak risiko yang bisa dialami perusahaan jika sistem akuntansi perusahaan bermasalah. Salah satu wujud nyata dari akuntansi yang bermasalah adalah keuangan perusahaan terganggu dimana data yang disajikan dalam laporan maupun catatan keuangan tidak valid. 
 
Untuk mengatasi masalah akuntansi yang kompleks tersebut tidak jarang perusahaan menyewa jasa konsultan untuk bisa mengatasi permasalahan keuangan yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Namun berkat teknologi yang semakin canggih masalah akuntansi tersebut bisa dicegah dengan menggunakan software atau aplikasi akuntansi. Yang jadi pertanyaan saat ini adalah lebih efektif mana menggunakan software akuntansi atau menyewa jasa konsultan? Sebagai bahan pertimbangan simak penjelasannya di bawah ini:
 

Mengapa harus Pakai Software Akuntansi?

Sebagai usaha baru, dan Anda tidak memiliki kemampuan akuntansi yang mumpuni. Solusi tepat bagi UMKM adalah menggunakan software akuntansi. Namun, Anda tidak serta merta menggunakan tanpa mengetahui alasan kenapa Anda harus menggunakan software akuntansi tersebut.

Software Pembukuan yang ada akan menjadi sebuah solusi tepat bagi pengusaha UMKM yang baru merintis usahanya. Sebab, kehadirannya akan membantu Anda untuk menyusun semua transaksi yang terjadi pada usaha Anda. Apa lagi, jika setiap harinya usaha Anda melakukan transaksi yang dilakukan lebih dari 10 kali. Tentunya Anda tidak mungkin dapat mengingat semua transaksi yang terjadi selama seminggu ataupun sebulan yang lalu. Disitulah mengapa Anda harus segera memakai software pembukuan.

Irit Budget

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda dapat mengirit budget dalam membuat laporan keuangan. Karena, Anda tidak perlu melakukan hire seorang akuntan atau menyewa jasa mereka setiap masa periode pembukuan. Sebab, jika menyewa jasa mereka Anda harus mengeluarkan budget yang cukup besar untuk membayarnya.

Hal ini tentunya berbeda ketika Anda menggunakan software akuntansi, cukup dengan uang dibawah Rp 2 juta, Anda sudah bisa menysun berbagai laporan keuangan bagi usaha Anda. Cukup terjangkau bukan? Yah harga tersebut adalah harga yang diberikan oleh software akuntansi online Accurate atau yang dikenal dengan Accurate Online (AOL). Mengapa AOL, sebab Anda hanya cukup membayar Rp 1,8 juta untuk membeli software AOL. Dan harga tersebut bukanlah harga untuk satu bulan, namun untuk selamanya. Sehingga bisa menjadi investasi yang menarik bagi Anda bukan?

Bisa Membuat Laporan Keuangan Sendiri

Saat Anda menggunakan software akuntansi, maka Anda bisa membuat laporan keuangan bagi usaha Anda, tanpa meminta bantuan seorang akuntan profesional. Sebab, dalam software akuntansi Anda bisa menyusun laporan keuangan, baik itu laporan laba rugi, laporan arus modal, laporan neraca maupun laporan arus kas bisa dibuat dan dipantau.

Terlebih, laporan keuangan adalah sebuah rahasia bagi usaha Anda. Jika salah merekrut orang, dan orang yang Anda rekrut melakukan kecurangan, maka itu cukup menganggu perkembangan bisnis Anda.

Memantau Usaha Dalam Genggaman

Anda pengen memiliki kebebasan dalam mengurus usaha, sambil memantau kondisi keuangan usaha saat Anda sedang liburan? Tentunya hal inilah yang banyak dicari oleh orang-orang yang menjadi pengusaha. Mereka bisa memantau perkembangan keuangan usahanya hanya dari satu genggaman. Hal ini dilakukan, karena menggunakan AOL yang dapat digunakan pada smartphone milik Anda. Sehingga Anda bisa memantaunya dimanapun dan kapanpun Anda berada.

Demikianlah beberapa alasan mengapa Anda sebagai pengusaha UMKM pemula harus menggunakan software pembukuan, agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan bisa berjalan dengan baik.

 

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment