Mau Bisnis Rental Mobil? Ini Cara Mulainya Agar Sukses

Written by Karunia

Kebutuhan kendaraan semakin hari semakin meningkat, mereka menginginkan segala sesuatunya secara praktis dan mudah. Sehingga mereka memilih mobil untuk mengangkut semua anggota keluarga atau rekannya dalam satu kendaraan. Namun tidak semua orang telah memiliki mobil, peluang inilah yang dijadikan sebagai alasan jasa penyewaan mobil atau yang lebih dikenal dengan rental mobil.

Usaha rental mobil biasanya menetapkan biaya sewanya secara harian. Bisa per 6 jam, 8 jam, 12 jam, atau hingga 24 jam dengan biaya yang berbeda – beda. Penyewa tidak bertanggung jawab terhadap perawatan mobil, namun biaya sewa yang dibayar belum termasuk biaya BBM dan biaya sopir. Jika menginginkan sopir, jasa rental mobil juga menyediakan jasa sopir dengan tambahan biaya lagi. Karena biasanya pengusaha rental mobil memiliki relasi dengan sopir – sopir freelance yang siap sedia jika dibutuhkan.

1. Jangan Beli Mobil Bekas

Meski harganya jauh lebih murah, hindari membeli untuk memulai bisnis rental mobil. Dengan memilih mobil baru, bisnis Anda akan menjadi nilai lebih bagi pelanggan dan membuat pelanggan lebih aman dan nyaman. Bukan hanya itu, memilih mobil baru juga mengurangi biaya perawatan. Bisa dibayangkan, berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk merawat mesin mobil bekas? Pasti lebih mahal dibanding Anda membeli mobil baru.

2. Pilih Mobil Yang Banyak Diminati

Memulai bisnis rental mobil berarti Anda harus memiliki mobil yang akan disewakan. Sebelum membeli mobil, cobalah pilih jenis mobil yang banyak diminati pelanggan di daerah Anda. Biasanya pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis MPV yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang irit. Mobil yang paling banyak diminati biasanya seperti Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dan lain sebagainya. Setelah memilih mobil yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil.

3. Beli Mobil Secara Kredit

Jika membeli mobil baru dianggap mahal dan Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat membeli mobil secara kredit. Untuk biaya cicilannya, Anda bisa mengambil sebagian dari pendapatan sewa mobil. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebankan dengan cicilan perbulannya. Namun, jika modal yang Anda miliki cukup untuk membeli mobil baru, tidak ada salahnya juga membeli mobil secara tunai.

4. Daftarkan Mobil ke Asuransi

Risiko lain yang bisa terjadi dalam memulai bisnis ini adalah kerusakan karena kecelakaan, hilang, bencana alam, dan lain sebagainya. Untuk menghindari risiko ini, cobalah gunakan asuransi untuk mobil yang Anda rentalkan. Dengan mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi, biaya kerusakaan mobil akan ditanggung oleh pihak asuransi.

5. Cari Lokasi Usaha Terbaik

Setelah Anda menetapkan target pasar, maka strategi berikutnya untuk bisa menjadikan usaha rental mobil Anda sukes adalah memilih lokasi usaha yang baik. Lokasi usaha yang baik untuk bisnis rental mobil ini adalah lokasi yang strategis dengan akses jalan dan ramai dilewati banyak orang. Dengan kondisi lokasi yang demikian, maka peluang untuk mengenalkan usaha Anda dan juga mendapatkan pelanggan lebih banyak akan terbuka lebar. Terbukanya peluang ini disebabkan oleh jangkauan direct marketing yang bekerja secara langsung dan otomatis.

6. Promosikan Bisnis

Untuk memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas, Anda membutuhkan sebuah promosi bisnis. Anda bisa mulai dengan memasarkannya melalui orang terdekat, social media, membuat website, dan lain sebagainya. Untuk memperluas market, Anda juga bisa bekerja sama dengan hotel untuk membantu Anda menawarkan bisnis ke pelanggan atau pengunjung hotel.

Baca Juga: Bisnis Rental Mobil, Ini Strategi Penjualanya!

7. Atur Keuangan Bisnis Dengan Baik

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis rental mobil adalah mengelola keuangan bisnis dengan baik. Jika Anda tidak terlalu paham bagaimana mengelola keuangan dengan baik, Anda dapat mempercayakan keuangan bisnis Anda dengan Accurate. Accurate adalah Software Akuntansi yang murah dan terbaik di Indonesia.

Karunia
Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

About the author

Karunia

Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

Leave a Comment