Mau Sukses Bisnis Laundry? Simak 5 Tips Keren Berikut

Written by Karunia

Seiring berjalannya waktu, orang semakin pintar dalam mencari peluang bisnis yang baru. Adanya peluang-peluang ini lahir dari kepekaan para pebisnis melihat masalah baru yang menghampiri masyarakat modern. Misalnya, di zaman yang serba cepat seperti sekarang ini, banyak orang sudah tidak memiliki waktu cukup untuk mengurus rumah, seperti mencuci baju. Alasannya mungkin karena sibuk bekerja hingga tidak sempat.

Alasan inilah yang membuat para pebisnis melihat peluang emas untuk akhirnya memiliki bisnis laundry. Banyak orang yang rela memanfaatkan jasa laundry untuk mengurus cucian mereka yang tidak tersentuh. Selain praktis, harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau.

Mengapa bisnis laundry?

Sebelum Anda mendalami lagi seluk-beluk bisnis laundry, ada baiknya Anda mengetahui mengapa Anda harus menggeluti bisnis ini. Bisnis laundry mungkin terkesan sepele. Anda hanya bertugas untuk mengurus pakaian-pakaian kotor dari orang yang bahkan tidak Anda kenal.

Perlu diketahui, bisnis laundry merupakan peluang bisnis yang cukup besar. Bisnis ini memiliki target pasar yang cukup luas. Meskipun Anda tidak bisa merangkul semuanya, tiap target merupakan pasar yang potensial untuk digali karena banyak yang membutuhkan laundry. Berikut beberapa target pasar yang bisa Anda tentukan.

  • Para pekerja kantoran

Serupa tapi tak sama seperti mahasiswa, banyak juga para pekerja kantoran yang mencoba untuk hidup mandiri. Beberapa bahkan hidup mandiri karena tidak ada pilihan lain. Mereka pun sadar bahwa waktu yang mereka miliki tidak seluwes saat zaman kuliah dulu. Harus berangkat pagi dan pulang malam hari pun membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus pakaian kotor yang menumpuk.

Selain itu, padatnya aktivitas harian para pekerja kantoran juga membuat mereka terlalu lelah untuk menyuci seluruh pakaian kotornya. Di sini lah para pekerja menggunakan jasa laundry untuk mengurus cucian mereka.

  • Mahasiswa

Multi-ethnic group of students

Tidak sedikit mahasiswa di kota-kota besar berasal dari luar daerah. Banyak pula dari mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas yang belum pernah mencuci sebelumnya. Selain itu, sebagian besar mahasiswa memilih untuk menyewa rumah kontrakan atau kosan selama mereka menempuh pendidikan.

Kesibukan mereka sebagai mahasiswa membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya. Selain kesibukan, tentu saja keterbatasan peralatan cuci mencuci di kosannya masing-masing, atau bahkan rasa malas untuk mengurus tumpukan pakaian kotornya. Oleh karena itu, banyak dari anak kos yang lebih memilih untuk memanfaatkan jasa laundry kiloan saja.

Tips sukses menjalankan bisnis laundry

Setelah Anda memiliki modal dan memutuskan untuk menjalani bisnis laundry, masih banyak hal yang harus Anda pikirkan agar pelanggan datang dan memilih tempat Anda untuk dijadikan langgan mereka. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar dapat memulai bisnis laundry hingga sukses.

1. Pilih Lokasi Yang Tepat

Posisi akan sangat menentukan keberlangsungan suatu usaha. Apapun bidang usaha yang Anda geluti, lokasi merupakan variabel yang sangat menentukan kelangsungan suatu usaha. Sama halnya seperti bisnis yang lain, penentuan lokasi adalah salah satu hal yang paling penting dalam menjalani bisnis laundry.

Setelah menentukan siapa target pasar yang ingin Anda tuju, langkah pertamanya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan survey. Jika Anda ingin target pasarnya mahasiswa, maka carilah lokasi yang berada di dekat kampus. Jika pegawai kantoran adalah target Anda, carilah lokasi dekat kosan atau kontrakan di dekat perkantoran. Apabila Anda menyasar pasar pasangan suami istri, carilah lokasi di lingkungan perumahan yang padat penduduk.

Selain bercermin dari target pasar yang Anda tuju, modal juga bisa menjadi faktor penentu dari lokasi yang akan Anda pilih. Anda pun tidak perlu mencari kawasan elit jika memang modal Anda tidak mencukupi.

Beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan antara lain, lokasinya mudah diakses, ruangannya pas untuk Anda beroperasi, serta memiliki persediaan air serta sistem drainase yang cukup baik. Mengingat bisnis laundry sangat berkaitan dengan sanitasi dan pengelolaan limbah.

2. Menentukan Harga

Bisnis laundry adalah salah satu jenis bisnis yang persaingannya cukup ketat, apalagi jika lokasi yang Anda pilih sudah terdapat bisnis laundry yang sudah lebih dulu ada. Untuk itu, pastikan Anda menentukan harga yang dapat bersaing dengan bisnis laundry yang lain. Pastikan juga bahwa harga yang Anda tawarkan sesuai dengan kualitas yang akan pelanggan Anda dapat.

Dalam penentuan harga ini Anda juga harus berkaca dari sasaran khalayak laundry Anda. Jangan sampai Anda menetapkan harga yang terlalu tinggi apabila memang Anda menyasar kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran. Sebab kondisi ekonomi akan lebih berpengaruh pada alasan mereka memilih suatu laundry.

Banyak juga pelanggan yang memilih suatu jasa atau produk karena harganya yang murah. Semakin Anda mematok harga murah, semakin banyak pula pelanggan yang akan datang. Tapi, jangan juga Anda memasang harga terlalu murah karena disamping Anda akan merugi, kualitas pekerjaan Anda juga pastinya akan menurun.

Jadi sebaiknya, lakukan survei terlebih dahulu mengenai harga laundry kiloan di sekitar Anda dan buat harga berdasarkan harga pasaran tersebut.

3. Berikan Pelayanan Yang Bervariasi

Prinsip lama yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja memang benar adanya. Jadi, jangan pernah lupakan prinsip itu. Anda pun bisa memprioritaskan kebutuhan pelanggan Anda. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengembangkan mata layanan dari laundry Anda.

Misalnya, jika awalnya Anda hanya menerima jasa laundry kiloan, Anda bisa memberikan pelayanan lain seperti laundry ekspres, laundry khusus barang-barang tertentu seperti selimut atau karpet, laundry untuk pakaian khusus, laundry untuk tas, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menawarkan varian pewangi yang berbeda untuk pelanggan. Sehingga para konsumen bisa memilih wangi yang mereka sukai. Karena, tidak ada pelanggan yang menyukai satu pewangi yang sama.

4. Lakukan Pemasaran

Apapun bisnis yang Anda geluti, rasanya akan sia-sia jika Anda tidak memasarkannya. Kasarnya, bagaimana produk yang Anda tawarkan ingin dibeli oleh pelanggan kalau mereka sendiri tidak tahu apa produk yang Anda jual. Semenarik apapun produk yang Anda miliki, apabila tidak ada orang yang mengerti soal produk yang Anda tawarkan maka mereka pun tidak akan tertarik. Untuk itu, pastikan agar Anda berpikir sekreatif mungkin untuk melakukan pemasaran yang tepat.

Strategi pemasaran pun bisa dimulai dari yang sederhana seperti menyebarkan brosur dan memasang banner, hingga dengan memanfaatkan teknologi. Anda bisa membuat website khusus atau membuat akun media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Jangan pernah meremehkan kekuatan pemasaran secara online. Banyak usaha yang meroket akibat kekuatan pemasaran secara online. Selain itu, pemasaran secara online pun jauh lebih murah ketimbang pemasaran secara offline.

5. Mengatur Keuangan Dengan Baik

Bisnis yang baik dan berkembang pesat haruslah diimbangi dengan pengaturan keuangan yang baik. Dimulai dari pencatatan biaya operasional yang harus keluar setiap bulannya, memastikan catatan setiap transaksi yang terjadi sudah tepat, hingga biaya perawatan peralatan apabila terjadi kerusakan.

Jika Anda tidak melakukan pencatatan secara detail, boleh jadi keuangan bisnis Anda akan mengalami kebocoran di berbagai tempat. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bukan hanya Anda tidak bisa menghitung keuntungan bersih setiap bulannya, tetapi juga usaha Anda berpotensi menderita kerugian yang bahkan tidak bisa Anda hitung karena Anda tidak tahu ke mana saja uang mengalir. Rekomendasi banyak pengusaha menggunakan software Accurate Online untuk membantuk bisnis mereka jadi mudah dalam mengatur keuangan. Anda juga bisa mencoba secara gratis 30 hari di link berikut ini: Coba Gratis

Dari tips sukses di atas, Anda bisa tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengembangkan bisnis laundry. Jika Anda tertarik untuk memulainya, Anda bisa coba untuk eksplor lebih dalam lagi tips-tips di atas.

Selamat mencoba!

Karunia
Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

About the author

Karunia

Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

Leave a Comment