Mengenal Sistem Kerja Crowdfunding

Written by Yopi

Mengajukan pinjaman kepada bank merupakan cara efektif untuk memperoleh modal bisnis. Tetapi bunga bank yang tinggi membuat pelaku bisnis berfikir ulang untuk meminjam melalui bank, apalagi jika bisnis yang dijalankan tersendak-sendak dalam melakukan pemasaran. Untung saja ada crowdfunding, salah satu bentuk pendanaan usaha yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul nantinya akan diberikan kepada pelaku bisnis untuk menunjang perjalanan bisnisnya.

Platform crowdfunding memang diciptakan untuk mempertemukan pemilik modal yang ingin mendukung industri kreatif dalam negeri dengan para pelaku usaha yang membutuhkan modal atau dukungan usaha mereka. Namun tidak semua ide brilian dapat berhasil menggalang dukungan yang besar jika ide kurang berhasil menarik minat para pendukung

Pilar utama dari sebuah crowdfunding adalah website dan pemilik modal. Usaha yang mau dijalankan nantinya didaftarkan ke dalam sebuah website terlebih dulu. Siapapun yang tertarik dengan usaha tersebut dan setuju dengan syarat dan ketentuan yang dilampirkan bisa langsung menanamkan modal di sana.

Bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan dana untuk modal usaha melalui crowdfunding, berikut cara kerja crowdfunding:

Pertama: Pengajuan Modal Usaha Dilakukan Secara Online

Pendanaan dengan sistem crowdfunding dilakukan secara online, dimana Anda tidak perlu susah payah untuk menghubungi calon penanam modal untuk mendanai usaha. Dengan proposal usaha yang sudah dilampirkan di situs crowdfunding, dapat dipastikan kalau usaha tersebut akan segera didanai, apalagi kalau memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan.

Mekanisme secara online tentu menghemat tenaga, waktu, dan biaya sehingga dipercaya menjadi metode paling efektif untuk mendapatkan modal saat menjalankan ataupun mengembangkan usaha.

Kedua: Proses Mudah, dan Singkat

Proses pendaftaran di situs crowdfunding sangat mudah, dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, data yang dilampirkan di situs dijamin aman sehingga informasi mengenai pemilik modal ataupun pelaku bisnis tidak dapat dibobol oleh siapapun. Karena pada dasarnya situs crowdfunding sudah dijamin keamanannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketiga: Tanpa Agunan

Platform crowdfunding memberikan keleluasaan bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus menyediakan uang muka ataupun agunan berupa harta benda kepada situs itu sendiri. Selagi pelaku bisnis sanggup membayar modal yang diberikan, proses pendanaan pun akan tetap berjalan lancar sesuai kesepakatan di awal.

Keempat: Suku Bunga Ringan

Tidak seperti bank atau lembaga keuangan yang menawarkan jasa pinjaman lainnya. Platform crowdfunding menyediakan suku bunga yang sangat ringan bagi pelaku usaha. Bunga yang ditetapkan disini berkisar 6% - 15% per tahun yang sifatnya flat, dimana suku bunga yang dibayarkan setiap tahunnya akan selalu sama.

Penolakan atas pengajuan pinjaman ke bank bukanlah hal yang perlu dipusingkan lagi. Hadirnya sistem pendanaan berbasis crowdfunding bisa dijadikan sebagai alternatif terbaru dan efektif untuk memperoleh modal dalam rangka membangun bisnis. Jangan ragu untuk mencobanya kalau Anda memang sedang membutuhkan dana untuk membangun bisnis.

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment