Menilik Bisnis Rebel Food, Startup “Cloud Kitchen” Asal India yang Digandeng Gojek

Written by Rendy

Gojek terus melakukan inovasi dan kini menyediakan layanan cloud kitchen GoFood bernama Rebel GoFood Kitchen. Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, mengungkapkan Rebel GoFood Indonesia ini akan membantu para pemilik UMKM Kuliner mengembangkan dan mengakselerasi bisnis mereka.

Cloud Kitchen Tidak Menyediakan Layanan Makan di Tempat

Bagi yang belum tahu, cloud kitchen adalah sebuah dapur kolektif yang terdiri atas berbagai macam restoran  yang khusus melayani pesan-antar makanan dan tidak menyediakan makan di tempat (dine-in). Restoran ini juga menyediakan fasilitas memasak berbagai jenis produk makanan dari berbagai jenis merek dagang untuk menghemat waktu antar dan ongkos logistik ke konsumen. Dengan konsep cloud kitchen itu, Rabel Food menyajikan layanan terintegrasi food on demand, mulai dari melayani pemesanan, memasak, hingga distribusi.

Model bisnis yang telah ada di dunia bisnis kuliner sejak lama dan efektif dalam membantu pelaku bisnis mengembangkan usahanya dengan berkurangnya berbagai biaya operasional. Konsep cloud kitchen telah banyak diusung oleh para pemain layanan pesan-antar makanan terkemuka di dunia dan terbukti sukses membawa UMKM melaju dengan skala bisnis lebih besar.

Bagi UMKM kuliner, solusi mengembangkan bisnis melalui cloud kitchen ini bisa jadi pilihan. Pasalnya, cloud kitchen mampu meminimalisir biaya operasional dibandingkan buka cabang yang berdiri sendiri, serta dapat lebih mendekatkan diri kepada konsumen di wilayah tertentu.

Sesuai dengan misi utama Gojek sebagai perusahaan anak bangsa, kami berkomitmen untuk memberikan solusi bagi tantangan dan kebutuhan sektor informal dan masyarakat. Dengan layanan cloud kitchen ini, kami bertujuan membantu UMKM mempercepat pertumbuhan usahanya dengan skala yang lebih besar," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (15/6/2020).

Dengan berbasis data, cloud kitchen GoFood menyediakan ragam kuliner sesuai permintaan di suatu wilayah agar konsumen lebih dekat dengan pilihan kuliner favoritnya. Hingga saat ini, 27 lokasi cloud kitchen GoFood sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Medan. Seluruh jajaran karyawan resto di cloud kitchen merupakan karyawan dari mitra usaha GoFood.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh UMKM yang berada di ekosistem GoFood ini. Beberapa manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

Keuntungan menerapkan Cloud Kitchen

Ke-1. Para pelaku UMKM bisa mengurangi beban biaya sewa dan renovasi bangunan infrastruktur karena cloud kitchen GoFood menyediakan dapur, kelengkapan infrastruktur serta utilitas dasar (drainase, saluran listrik dan pipa gas) yang siap digunakan , sehingga dapat mengurangi beban pengeluaran bila dibandingkan dengan biaya sewa dan pembangunan atau renovasi komersial.

Ke-2 dengan dapur berbasis delivery-only (hanya melayani pengantaran makanan), secara keseluruhan biaya operasional UMKM akan lebih rendah dibandingkan restoran atau outlet biasa karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan operasional layanan makan di tempat atal dine-in.

ke-3  UMKM kuliner juga tidak perlu membayar sewa di muka setiap tahun seperti saat menyewa pada area komersial umumnya.

Ke-4 Dengan berfokus pada layanan pengantaran, waktu melayani konsumen menjadi lebih optimal dan cepat. Dari mulai pemesanan lewat aplikasi, proses pick-up oleh driver di lokasi cloud-kitchen yang lebih efisien dibandingkan pusat perbelanjaan atau gerai biasa, hingga pengantaran makanan, konsumen bisa mendapatkan makanan berkualitas dan cepat. Melalui layanan yang prima ini, UMKM lebih mudah menumbuhkan loyalitas pelanggannya.

Ke-5 UMKM kuliner dapat memanfaatkan cloud kitchen untuk melakukan ekspansi ke wilayah lain dan lebih dekat dengan konsumennya. Sebab, cara ini efisien dan paling minim risiko. Lokasi cloud kitchen yang lebih strategis akan membantu menekan biaya pengantaran makanan yang harus ditanggung konsumen, menjadikan pilihan ini lebih disukai dan pada akhirnya membantu meningkatkan permintaan konsumen terhadap kuliner UMKM.GoFood bekerja sama dengan Rebel

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment