Para pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) berlomba untuk mengembangkan usahanya agar dapat bersaing dengan produk dari luar negeri. UKM tersebut bahkan rela untuk mengeluarkan biaya lebih untuk mengembangkan perusahaan dari sisi produktivitas, namun tidak semua UKM memiliki cukup dana untuk melakukan tindakan yang memakan biaya besar. Masalah kurangnya dana telah menjadi masalah klasik dari para pemilik usaha dari dulu hingga sekarang. Beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk meingkatkan produktivitas adalah sebagai berikut:

Bisnis Online
Bisnis online adalah cara tepat untuk menjual produk Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya gedung atau biaya iklan. Biaya ini dapat digunakan untuk mendukung inovasi produk sehingga produk dapat terus berkembang. Prospek bisnis online juga sangat menjanjikan, pada tahun 2013 sendir jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 74,6 juta dengan 20% dari pengguna internet telah melakukan belanja online. Pada tahun 2014, pengguna internet mencapai 82 juta dengan 24% dari pengguna telah melakukan belanja online. Hal ini membuktikan bahwa pengguna internet di Indonesia semakin bertumbuh dan bisnis online akan terus berkembang.

Beberapa cara untuk melakukan bisnis online antara lain dengan mendaftarkan diri pada beberapa situs e-commerce atau membuat website sendiri yang tentu akan menimbulkan biaya lebih banyak. Selain situ e-commerce yang gratis, menjual produk melalui sosial media seperti facebook dan instagram juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk dicoba.

Gunakan Sistem Berbasis Cloud
Sistem berbasis cloud merupakan sistem layanan berbasis internet atau online yang memudahkan pengusaha untuk mengolah, menyimpan, dan mengakses datanya dimanapun mereka berbeda. Menggunakan sistem berbasis cloud lebih efisien karena memperkecil anggaran untuk sumber daya. Selain itu, sistem operasional dan manajemen menjadi lebih mudah karena sistem pribadi atau perusahaan terkoneksi dalam satu cloud atau server sehingga dapat dipantau dan diatur dengan mudah. Biaya yang diperlukan untuk menggunakan sistem cloud tidaklah mahal. Anda cukup membayar biaya pemakaian yang biasa dengan sistem per bulan untuk menggunakan semua aplikasi yang ada.

Saat ini banyak sistem manajemen dan akuntansi berbasis cloud yang banyak digunakan UKM. Sistem ini sangat cocok bagi pemilik UKM yang ingin menangani keuangannya sendiri atau hanya dengan beberapa orang saja. Salah satunya adalah Accurate Online, software akuntansi berbasis cloud yang membantu Anda untuk mengkalkulasi data dan membuat laporan keuangan secara instan. Anda hanya perlu membuat akun di website Accurate Online dan memasukan data-data transaksi keuangan Anda untuk segera diproses menjadi laporan keuangan. Anda pun dapat segera mengakses laporan keuangan yang Anda butuhkan kapan pun dan dimana pun selama jaringan internet tersedia.
Memiliki UKM yang berkembang merupakan impian setiap pengusaha. Melalui tips di atas, produktivitas UKM Anda akan semakin meningkat tanpa menghabiskan biaya yang banyak. Mari kembangkan UKM Anda untuk siap bersaing di dunia internasional.

 

Nova