MODUS PENIPUAN DENGAN MEMBAJAK APLIKASI MENGGUNAKAN KODE TERKIRIM SMS

Written by Anto

Halo Guys

Sekarang jaman sudah makin maju, masyarakat juga sudah makin pinter dan tidak pernah bisa lepas dari penggunaan aplikasi mobile terutama Aplikasi Chatting dan media sosial. Saat ini untuk bisa menggunakan Aplikasi biasanya kita harus mendaftar menggunakan Nomor HP atau alamat email. Aplikasi yang dibuat untuk digunakan oleh masyarakat ini biasanya menggunakan keamanan atau verifikasi menggunakan Kode yang akan terkirim ke sms atau terkirim ke email saat user tersebut baru saja mendaftar untuk aplikasi tersebut. tanpa kode yang terkirim tersebut, User atau pengguna Aplikasi tidak akan bisa melanjutkan pendaftaran dan menggunakan Aplikasi dengan lancar. Aplikasi yang  memerlukan Nomor HP biasanya Mobile Bankink, Whatsapp, Facebook, Telegram, LIne, WeChat dan lain-lain.

Kode yang terkirim ke sms atau email adalah hal yang sangat pribadi dan rahasia, dan hanya boleh diketahui oleh pemilik Nomor tersebut untuk verifikasi akun yang baru saja didaftarkan atau untuk kode keamanan lainnya. Seperti halnya jika kita menggunakan layanan Mobile Banking untuk transfer, biasanya akan muncul sms kode untuk transaksi saat transfer, jadi intinya kode – kode ini hanya boleh diketahui oleh pemilik Nomor tersebut untuk dimasukkan ke dalam aplikasi saat transaksi yang sedang dilakukan atau saat pendaftaran akun sedang berlangsung.

Jika kamu sedang tidak melakukan pendaftaran akun apapun, atau kamu tidak sedang melakukan transaksi perbankan apapun, tetapi tiba-tiba ada sms yang masuk berisi kode, cepat-cepatlah dihapus. karena sedang ada orang yang lagi coba-coba masuk ke aplikasi menggunakan nomor HP kamu tanpa sepengetahuan kamu. Dan jika setelah itu tiba-tiba ada orang yang menelpon dan mengaku kalau orang tersebut dari petugas Bank, atau dari penyedia Aplikasi seperti mengaku dari Telegram, dari Whatsapp, dari Facebook, dari LINE, maka kamu jangan pernah mau menyebutkan kode yang kamu terima melalui sms tadi karena jelas ini adalah modus penipuan. Orang itu berusaha membajak atau mencoba login pakai nomor HP kamu ke aplikasi di HP dia, lalu perlu kode yang terkirim ke HP kamu. Misalkan Whatsapp. Kalau kamu kasih kode Whatsapp yang terkirim ke HP kamu ke dia otomatis Akun kamu akan pindah ke HP dia, dan dia bisa saja akan Whatsappin Papa Kamu, tante kamu atau teman-teman di kontak Whatsapp kamu pakai Whatsapp kamu, jadi seolah-olah kamu yang Whatsapp untuk minta transfer uang, isi pulsa, atau apapun.

Intinya Guys, please jangan pernak kasih kode yang terkirim melalui sms kepada siapapun, karena itu hanya milik kamu. Selesai digunakan untuk transaksi atau pendaftaran akun di HP langsung hapus saja, jangan pernah memberitahukan melalui Telepon, sms ataupun melalui chatting kepada siapapun.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment