Panduan Cara Mengurus Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Secara Online.

Written by Rendy

Panduan Cara Mengurus Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Secara Online.

Apa Sih Pengertian Surat Izin Usaha Perseorangan atau SIUP >> SIUP adalah sebuah surat izin yang dikeluarkan atau diberikan oleh pejabat atau mentri yang ditujukan kepada seorang pengusaha yang akan memulai usahanya baik dibidnag perdagangan maupun jasa. Jika kamu akan menjalan sebuah usaha atau bisnis dalam bidang pedagangan, maka kamu harus membuat SIUP terelebih dahulu sebelum menajalankan usaha. Tujuan dibuatnya SIUP adalah agar usaha kamu mendapatkan izin serta pengesahan dari pihak pemerintah secara pasti. jumlahnya tidak sedikit loh, para pengusaha yang mendapatkan masalah saat menjalankan usahanya. Untuk itu bagi kamu yang ingin memulai menjalankan usaha dan belum memiliki SIUP, untuk itu ada beberapa syarat dan hal-hal lainnya yang perlu kamu ketahui saat ingin membuat SIUP  (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Sarat Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP

Berikut ini aadalah informasi mengenai beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk membuat SIUP untuk perusahaan perseorangan:
  • Fotocopy NPWP
  • Neraca Perusahaan
  • SITU/ Surat Keterangan Berdomisili
  • Fotocopy KTP pemilik perusahaan
  • Materai Rp.6000,-
  • Foto pengangung jawab perusahaan/pemilik perusahaan/direktur utaman dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Mendapatkan izin lain yang berkaitan dengan usaha tersebut
  • Fotocopy setifikat tempat usaha atau surat sewa menyewa, jika usaha anda masih menggunakan sewa tempat.
  • Fotoopy bukti pembayaran PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan.

Membuat SIUP dengan Cara Daftar Online

Jika kamu malas untuk datang langsung ke kantor DISPERINDAG, kamu tetap bisa membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) ini dengan cara online. yang perlu di catat, fasilitas pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) secara online ini baru bisa dilakukan dan berlaku di daerah Jakarta saja. Nah, berikut caranya.
  1. Silahkan buka website milik BPTSP DKI Jakarta, setelah itu buatlah akun dengan email milik perusahaan kamu ya.
  2. kamu akan mendapatkan email berupa verifikasi dokumen ke PTSP terdekat. Jika verifikasi ini sudah selesai, barulah akun kamu aktif.
  3. Dokumen-dokumen yang harus kamu verifikasi meliputi KTP, NPWP pemilik usaha dan NPWP perusahaan. Bila kamu hendak melimpahkan verifikasi ini pada orang lain, kamu harus membuat surat kuasa.
  4. Bila akun sudah diterima, kamu sudah bisa melakukan proses upload serta input dokumen yang diperlukan. Tetapi harap diingat, kamu harus melakukan proses ini secara kontinyu dalam artian tidak boleh terputus dan harus sudah selesai dalam waktu 1 jam.
  5. Oke, setelah langkah ke empat selesai dilakukan, selanjutnya kamu akan mendapatkan jadwal pengambilan SIUP serta TDP beserta 3 jenis dokumen lainnya diantaranya adalah registrasi perusahaan serta formulir pendaftaran. Dokumen tersebut nantinya harus diserahkan saat kamu mengambil TDP dan SIUP
Jika kamu sudah memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP  ini maka secara resmi perusahaan anda sudah terdaftar dan dinyatakan sah dan bisa menjalankan bisnis atau usaha yang kamujalankan. Jadi bisa kita simpulkan bahwa, SUrat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) ini memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang usaha perdagangan. Selain itu dengan adanya SIUP maka perdangan anda akan terhindar dari berbagai ancaman dan pastinya aman saat adanya sebuah razia dari pihak yang berwenang. Okee, Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai Cara Mudah Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dengan cara Online” semoga bermanfaat untuk kamu yaa.

Baca Juga : PENTINGNYA SISTEM AKUNTANSI DALAM MEMBANGUN SEBUAH BISNIS

 ]]>

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment