Pengertian dan Macam-macam Kebijakan Fiskal

kebijakan fiskal dilakukan dengan mengatur Anggaran Pembelanjaan Negara
Written by Ichsan

Pengertian dan Macam-macam Kebijakan Fiskal

Dalam dunia ekonomi, ada istilah kebijakan fiskal. Mungkin sebagian banyak dari kita belum terlalu faham mengenai kebijakan fiskal atau bahkan belum mengerti sama sekali. Kebijakan fiskal merupakan kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah. Kebijakan fiskal  berfungsi untuk mengelola kondisi perekonomian negara agar menjadi lebih baik dan tidak mengulang kesalahan sebelumnya. Sedangkan kebijakan fiskal ini memiliki instrument utama yang berupa pendapatan dari pajak dan juga pengeluaran negara.

Kebijakan fiskal ini dilakukan oleh pemerintah dengan cara mengubah pola penerimaan dan pengeluaran Negara. Pelaksanaan kebijakan fiskal dilakukan dengan mengatur Anggaran Pembelanjaan Negara, agar ekonomi Negara tidak mengalami penurunan. Kebijakan fiskal juga dilakukan dengan cara mengubah angka-angka di dalamnya.

Tujuan dari kebijakan fiskal dan kebijakan moneter memang sama yaitu untuk memperbaiki kondisi perekonomian, namun keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan ini terletak pada fokus pengelolaannya. Pengaturan tingkat pajak dan belanja negara ini salah satu kebijakan fiskal untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran Negara, sedangkan kebijakan moneter mengatur jumlah uang yang beredar dan tingkat suku bunga. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pengertian kebijakan moneter menurut para ahli, tujuan, instrument, jenis dan contoh kebijkan moneter, simak ulasannya berikut.

Pengertian Kebijakan Fiskal Menurut Para Ahli

Agar kita lebih faham mengenai kebijakan fiskal, penting bagi kita mengetahui pengertian kebijakan fiskal dari beberapa ahli. Adapun berikut ini  definisi kebijakan fiskal menurut beberapa ahli:

  1. Alam

Pengertian kebijakan fiskal menurut Alam yaitu kebijakan untuk memperbaiki kondisi ekonomi dengan cara menyesuaikan pengeluaran dan penerimaan pemerintah.

  1. Ahman

Pengetian kebijakan fiskal menurut Ahman yaitu kebijakan untuk mengendalikan atau mengarahkan perekonomian ke arah yang lebih baik yang dilakukan oleh pemerintah dalam ekonomi.

  1. Tim Visi Adiwidya

Pengertian kebijakan fiskal menurut Tim Visi Adiwidya yaitu kebijakan pemerintah dalam mengarahkan ekonomi Negara. Yang mana kebijakan ini dilakukan melalui pendapatan dan pengeluaran Negara.

  1. Haryadi

Kebijakan fiskal menurut Haryadi yaitu kebijakan pemerintah dalam dunia ekonomi dengan mengarahkan perekonomian negara menjadi lebih baik.

  1. Zain

Kebijakan fiskal menurut Zain yaitu pemasukan dan pengeluaran pemerintah dalam menjalankan fungsi pemerintah.

Tujuan Kebijakan Fiskal

Setelah faham mengenai pengertian kebijakan fiskal, rasanya kurang lengkap jika tidak mengetahui tujuan dari kebijakan fiskal itu sendiri. Tujuan utama kebijakan fiskal yaitu menentukan arah, sasaran, dan prioritas dalam memperbaiki perekonomian negara. Sedangkan, secara jelasnya berikut ini tujuan kebijakan fiskal:

  • Mencapai kestabilan ekonomi secara nasional.
  • Memacu laju pertumbuhan ekonomi nasional.
  • Mempercepat laju investasi di Negara.
  • Menyediakan lapangan pekerjaan yang luas.
  • Menciptakan keadilan nasional.
  • Pendapatan bisa bisa mengalami pemerataan dan pendistribusian.

Fungsi Kebijakan Fiskal

Fungsi dari kebijakan fiskal ini saling melengkapi satu sama lain, sehingga jika salah satu fungsi tersebut tidak berjalan dengan baik, maka kebijakan fiskal tidak akan maksimal. Berikut ini fungsi kebijakan fiskal yang perlu diketahui:

  1. Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya

Fungsi dari kebijakan fiskal yaitu mengoptimalkan penggunaan sumber daya, baik itu sumber daya alam dan sumber daya manusia. Aktivitas ekonomi suatu negara akan terancam, jika tidak ada kedua komponen tersebut. Kebijakan fiskal akan lebih seimbang dan lebih optimal dengan kedua sumber daya tersebut.

  1. Mengoptimalkan Aktivitas Investasi

Fungsi kebijakan fiskal yang selanjutnya yaitu mengoptimalkan aktivitas investasi. Karena salah satu sumber dari pemasukan devisa Negara yaitu investasi. Dengan adanya aktivitas investasi ini, tentu saja akan saling menguntungkan bagi semua pihak, baik itu pemerintah, pengusaha dan investor.

Instrumen Kebijakan Fiskal

Ada dua instrumen utama dalam kebijakan fiskal yaitu pengeluaran dan pendapatan. Untuk lebih jelasnya mengenai kedua instrument tersebut, berikut ini penjelasannya:

  1. Pendapatan Negara (Pajak)

Pemerintah dalam membiayai pembangunan, menggunakan pajak sebagai instrument fiskal. Dimana semua pihak wajib pajak, baik perseorangan atau badan usaha. Dengan kata lain, pajak ini bersifat memaksa, sehingga semua pihak ini wajib memberikan kontribusi pada negara.

  1. Pengeluaran Negara

Anggaran Pembelanjaan Negara (APBN) telah menyusun semua pengeluaran Negara. Jenis dari pengeluaran Negara ini memang banyak sekali. Seperti biaya untuk pembangunan infrastruktur dan biaya keperluan operasional pemerintah.

Jenis-Jenis Kebijakan Fiskal

Pemerintah dalam mengatasi masalah perekonomian, ada beberapa kebijakan fiskal yang bisa dilakukan yaitu berdasarkan jumlah penerimaan dan pengeluaran dan berdasarkan teori. Dari kedua jenis kebijakan fiskal tersebut, masih dibagi menjadi beberapa kebijakan. Untuk lebih jelasnya berikut ini jenis-jenis kebijakan fiskal:

  • Berdasarkan Jumlah Penerimaan dan Pengeluaran

Kebijakan fiskal berdasarkan jumlah penerimaan dan pengeluaran nya dibagi menjadi menjadi empat, berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Kebijakan Anggaran Surplus

Kebijakan anggaran surplus ini merupakan kebijakan pemerintah yang bertujuan agar semua pendapatan yang didapatkan negara tidak dibelanjakan, sehingga pemerintah bisa dapat menekan angka inflasi dan menabung.

  1. Kebijakan Fiskal Seimbang

Kebijakan fiskal seimbang merupakan kebijakan pemerintah yang diterapkan agar jumlah pendapatan dan pengeluaran seimbang. Sehingga negara tidak perlu meminjam dana dari negara asing untuk memenuhi kebutuhan yang kurang. Meski begitu, kebijakan ini memiliki kekurangan yaitu kondisi ekonomi nasional tidak menguntungkan .

  1. Kebijakan Fiskal Dinamis

Kebijakan fiskal dinamis merupakan kebijakan pemerintah agar jumlah pengeluaran dan pemasukan sama. Namun, seiring berjalannya waktu keduanya akan bertambah besar.

  1. Kebijakan Fiskal Defisit

Kebijakan fiskal deficit merupakan kebijakan pemerintah yang berlaku ketika terjadi kelesuan pada pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga jumlah pendapatan lebih rendah dibandingkan jumlah pengeluaran.

  • Berdasarkan Teori

Kebijakan fiskal berdasarkan teori dibagi menjadi tiga yaitu kebijakan fiskal fungsional, disengaja dan tidak disengaja. Untuk penjelasan dari ketiga macam kebijakan fiskal tersebut, berikut ini ulasannya:

  1. Kebijakan Fiskal Fungsional

Kebijakan fiskal fungsional ini dilakukan oleh pemerintah sebagai akibat tidak langsung dari pendapatan nasional, sehingga bisa mempertimbangkan pengeluaran anggaran dan penambahan lapangan pekerjaan.

  1. Kebijakan Fiskal Disengaja

Kebijakan fiskal disengaja ini dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah ekonomi. Dalam kebijakan ini, cara yang dilakukan yaitu memanipulasi anggaran belanja secara sengaja.

  1. Kebijakan Fiskal Tak Disengaja

Kebijakan fiskal tak disengaja ini dilakukan oleh pemerintah untuk mengendalikan siklus bisnis. Kebijakan ini seperti halnya pajak proporsional, pajak progresif, asurangsi pengangguran dan kebijakan harga minimum untuk penanganan ketika ekonomi Negara mengalami depresi.

Contoh Kebijakan Fiskal

Pemerintah Indonesia pernah mengeluarkan banyak kebijakan fiskal, adapun berikut ini contoh-contoh kebijakan fiskal:

  • Untuk menambah pendapatan Negara, pemerintah memutuskan untuk menaikkan pajak.
  • Untuk meminjam uang dari negara asing, pemerintah mengeluarkan obligasi.
  • Untuk menambah wajib pajak, pemerintah mewajibkan masyarakat memiliki NPWP.
  • Menaikkan pajak agar perekonomian menjadi lebih stabil  serta mengurangi pembelanjaan negara.

Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian, macam-macam, instrument, fungsi dan contoh kebijakan fiskal. Secara garis besar, kebijakan fiskal ini bertujuan untuk menstabilkan ekonomi secara nasional serta memacu laju investasi di Indonesia.

 

Semoga ulasan ini bermanfaat!

Ichsan
Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

"Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate"

About the author

Ichsan

Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

"Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate"

Leave a Comment