Pengertian Sistem Ekonomi Untuk UKM

Written by Ichsan

Pengertian Sistem Ekonomi Untuk UKM

Hallo Sahabat Entrepreneur kita kembali lagi dengan artikel kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Sistem Ekonomi Untuk UKM. Sebelumnya kalian apakah sudah mengetahui apa itu sistem Ekonomi ?? Mungkin di sebagian orang sudah mengetahui apa itu sistem ekonomi untuk UKM dan bagaimana cara penyajian nya, tapi bagi kalian yang belum paham tentang apa itu Pengertian Sistem Ekonomi Untuk UKM, oke berikut adalah penjelasan sedikit mengenai Pengertian Sistem Ekonomi Untuk UKM.
Sistem ekonomi merupakan cara yang dipakai oleh suatu negara untuk menyelesaikan atau menghadapi masalah dalam bidang ekonomi. Setiap negara memiliki sistem ekonomi  yang berbeda-beda, tergantung dari situasi dan kondisi yang sedang terjadi pada negaranya. Kenali lebih dalam tentang pengertian sistem ekonomi, fungsi, dan macamnya. Menurut para Ahli di bidangnya sistem ekonomi ada yang beranggapan seperti ini :

Gilarso

Sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat (para produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis sehingga kekacauan dalam bidang ekonomi dapat dihindari.

Gregory Grossman dan M. Manu

Sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi melainkan juga saling menopang dan memengaruhi.

McEachern

Seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana , dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (what, how, dan for whom).

Pengertian Sistem Ekonomi Untuk UKM

UKM sendiri dalam sistem ekonomi memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat. Pemerintah pun memandang penting keberadaan para pelaku UKM. Buktinya, UKM bersama dengan Koperasi memiliki wadah secara khusus di bawah Kementerian Koperasi.
Perhatian tinggi yang diberikan kepada para pelaku UKM tersebut tidak lain sebagai wujud pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil. Apalagi, UKM mampu memberikan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah.
Setidaknya, ada 3 peran UKM yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat kecil. Tiga peran tersebut adalah:

  • Sarana mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan

Peran UKM penting dalam sistem ekonomi yang berjalan yang pertama adalah sebagai sarana mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan. Alasan utamanya adalah, tingginya angka penyerapan tenaga kerja oleh UKM.
Hal ini terbukti dalam data milik Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2011. Disebutkan, lebih dari 55,2 juta unit UKM mampu menyerap sekitar 101,7 juta orang. Angka tersebut meningkat menjadi sekitar 57,8 juta unit UKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang.

  • Sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil

UKM juga memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat. Berbeda dengan perusahaan besar, UKM memiliki lokasi di berbagai tempat. Termasuk di daerah yang jauh dari jangkauan perkembangan zaman sekalipun.
Keberadaan UKM di 34 provinsi yang ada di Indonesia tersebut memperkecil jurang ekonomi antara yang miskin dengan kaya. Selain itu, masyarakat kecil tak perlu berbondong-bondong pergi ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.

  • Memberikan pemasukan devisa bagi negara

Peran UKM berikutnya yang tidak kalah penting adalah, memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa. Saat ini, UKM Indonesia memang sudah sangat maju. Pangsa pasarnya tidak hanya skala nasional, tapi internasional.
Data dari Kementerian Koperasi dan UKM di tahun 2017 menunjukkan tingginya devisa negara dari para pelaku UKM.  Angkanya pun sangat tinggi, mencapai Rp88,45 miliar. Angka ini mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat dibandingkan tahun 2016.
Dengan tiga peran yang dimilikinya tersebut, tidak salah kalau para pelaku UKM tak bisa dipandang sebelah mata.
sistem ekonomi untuk UKM
Itulah dari sebagian kecil Pengertian Sistem Ekonomi Untuk UKM. Sistem ekonomi untuk ukm memiliki keterhubungan terhadap akuntansi karena akuntansi sendiri sangat berhubungan dengan nilai sosial dan ekonomi yang berlaku dalam masyarakat. Dengan menggunakan sistem akuntansi yang baik dan terlebih user friendly, juga dapat membantu pekerjaan anda secara lebih luas. Dalam menerapkan sistem akuntansi, Anda juga dapat memanfaatkan software akuntansi online seperti Accurate Online. Dengan memanfaatkan Accurate Online, Anda dapat mengelola keuangan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman tanpa harus ribet menyewa konsultan dan terlebih pasti biayanya tidak sedikit.
Baca juga : Sistem Yang Wajib Ada di Perusahaan!!!
 ]]>

Ichsan
Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

"Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate"

About the author

Ichsan

Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

"Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate"

Leave a Comment