Pengetahuan Dasar Sebelum Membangun Bisnis Event Oganizer

Saat ini bisnis event organizer sedang merosot tajam dikarenakan pandemi corona. Namun bisnis EO ini boleh dibilang sangat menuntungkan terlihat dengan maraknya acara yang di buat sebelum adanya covid ini. Nah bagi kamu yang bercita-cita ingin memulai bisnis EO baiknya memiliki pengetahuan dasar sebelum membangun bisnis Event Organizer. Berikut hal dasar yang perlu Anda ketahui:

1. Tambah Pengalaman dengan Bekerja pada Bisnis Event Organizer terlebih Dahulu

Pebisnis harus belajar dan mencari pengalaman dengan bekerja pada bisnis event organizer lain terlebih dahulu. Jika sudah mengetahui ilmunya, baru membuka Anda bisa membuka bisnis event organizer secara mandiri.

Artinya, untuk membuka bisnis ini, Anda harus memiliki pengalaman kerja yang mumpuni. Karena kegiatan yang akan digarap sangat banyak, tentu tanpa pengalaman, bisnis tidak akan berjalan. Maka dari itu, belajar terlebih dahulu baru jalankan usaha.

2. Bentuk Tim Yang Kompak

Membuat event organizer atau EO memang terbilang sulit karena bidang usaha yang harus dikerjakan cukup banyak orang. Maka dari itu, untuk membangun bisnis ini, dibutuhkan tim yang bisa bekerja sama dengan baik. Kekompakan inilah yang nantinya biisa menghasilkan satu desain layanan EO yang memuaskan pelanggan.

Akan tetapi, pastikan tidak asal memilih rekan untuk menjalankan bisnis. Tetapi memang memiliki keahlian sesuai bidangnya masing-masing. Maka dari itu, pastikan dalam perekrutan, ada training yang harus dilakukan. Baru jika lulus, terjunkan mereka pada bisnis EO.

Jika kualifikasi tim sudah seperti ini, pebisnis tinggal memanajemen sesuai misi yang dicanangkan. Di antaranya ialah melakukan briefing, pengawasan, serta evaluasi siapa tahu ada masalah dengan tim yang sedang bekerja.

3. Jiwa kepemimpinan

Kebijaksanaan dalam memimpin bawahan adalah hal yang paling vital. Kita tidak akan sukses membangun bisnis ini jika kita tidak mengasah mental memimpin. Sopan dan tegas merupakan dua hal yang paling anak buah sukai dari seorang pemimpin. Selain itu, pemberian honor kepada meraka juga harus sesegera mungkin agar kinerjanya kian hari kian meningkat karena betah. Manusia itu bukanlah robot yang tak mempunyai hati, beri mereka kenyamanan hati dan mencontohkan sikap yang baik demi masa depan bisnis kita juga tentunya.

4. Relasi

Memilih dan mencari relasi bisnis EO yang tepat adalah hal yang pertama saat kita mau memulainya. Contoh saja jika kita mempersiapkan untuk jenis EO seminar, maka kita harus menggalang komunikasi dengan berbagai pihak seperti gedung/aula, konsumsi, anggota seminar dan mempersiapkan segalanya yang terkait.

5. Tidak Berhenti Berkreasi

Even organizer adalah pekerjaan kreatif. Maka dari itu, desain kegiatan harus selalu di-update agar pelanggan lebih tertarik. Namun, jika kreativitas hilang, desain juga monoton, tentu pelanggan akan berpindah ke jasa EO yang lain.

Tentu ini kerugian yang besar, apalagi ketika perkembangan bisnis sudah bagus dan harus menurun hanya karena kurangnya kreativitas yang dilakukan pada bisnis Anda. Anda bisa menggunakan influencer dari EO sekelas internasional agar Anda mendapatkan ide yang lebih segar.

6. Lakukan Evaluasi Dengan Baik

Tidak ada bisnis yang lancar dari awal berdiri hingga akhir, termasuk bisnis EO. Maka dari itu, diperlukan evaluasi untuk melihat akar masalah sekaligus memotivasi agar tidak terjadi di kegiatan selanjutnya.

Jika evaluasi ini dilakukan secara berkala, tentu bisnis  yang dijalankan akan sukses. Karena sekali berkegiatan, pelanggan akan puas atas layanan yang minim kesalahan.

7. Update Informasi Seputar EO

Tips yang ke delapan ialah semua tim tidak boleh buta informasi. Pastikan mereka selalu update tentang desain EO terbaru. Jika ini tidak dilakukan, tentu desain kegiatan yang dipersembahkan kuno dan tradisional.

Sedangkan, jika terus update informasi, tim bisa menyesuaikan layanan dengan permintaan pelanggan. Bahkan, promotor bisa menyodorkan banyak pilihan desain kontemporer kepada calon pengundang.

Ipin
Cant remember
Never forget

About the author

Ipin

Cant remember
Never forget

Leave a Comment