Pentingnya Mendeteksi Kanker Sejak Dini dan Ketahuilah Gejalanya !

Written by Rendy

Beberapa penyakit kanker dapat dideteksi sebelum Kamu merasakan gejala apapun. Kanker adalah penyakit serius yang tidak boleh dianggap sepele, tahap awal penyakit ini sering tanpa gejala atau tanda - tanda.

Penyakit Kanker masih dianggap penyakit yang paling mematikan dan berbahaya. Namun, pada kenyataannya, sekarang banyak pasien kanker yang telah berhasil menyelesaikan pengobatan dengan baik dan akhirnya bisa terlepas dari penyakit ini. Salah satu kuncinya adalah deteksi dini kanker. Bagaimana caranya?

Pemeriksaan awal adalah cara untuk mengetahui keberadaan penyakit sebelum pasien mengalami gejala-gejala penyakit. Pemeriksaan harus dilakukan secara teratur, terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit kanker tertentu. Namun, tidak semua jenis kanker dapat diperiksa dan dideteksi pada tahap awal.

Macam Penyakit Kanker :

  1. Kanker Payudara
  2. Kanker Leher Rahim/Serviks
  3. Kanker Usus
  4. Kanker Prostat
  5. Kanker Paru-paru
  6. Kanker Hati
  7. Kanker Darah
  8. Kanker Kulit 
  9. Kanker Payudara 
  10. Kanker Lambung
  11. Kanker Tenggorokan
  12. Kanker Mulut

Gejala Awal Jenis - jenis Penyakit Kanker 

  • Perubahan pada mulut
    Kanker mulut sering terjadi pada perokok yang ditandai dengan adanya bercak merah cerah, abu-abu, atau kuning di dalam mulut dan lidah. Keluhan ini juga sering disertai dengan pembengkakan di mulut, kemudian mulut yang sering berdarah tanpa sebab jelas, dan mati rasa pada mulut dan wajah.
  • Rasa sakit saat menelan
    Rasa sakit saat menelan makanan merupakan hal biasa jika kamu sedang batuk atau mengalami radang tenggorokan. Tetapi kanker tenggorokan ataupun kanker perut juga memiliki gejala serupa, terutama jika disertai muntah atau penurunan berat badan secara drastis tanpa usaha, dalam waktu relatif singkat.
  • Batuk darah
    Batuk yang berlangsung lama hingga lebih dari empat minggu dan disertai darah dapat menjadi gejala kanker paru-paru. Bisa disertai dengan kehilangan nafsu makan, kelelahan berlebihan, dan penurunan berat badan.
  • Nyeri ulu hati
    Nyeri ulu hati yang tidak kunjung reda dan terasa sangat mengganggu, serta tidak berkurang dengan pengobatan biasa, dapat menjadi gejala adanya kanker ovarium, kanker tenggorokan, dan kanker lambung.
  • Perut kembung
    Perut yang terasa penuh atau terdesak secara terus menerus, diiringi perdarahan dari vagina, atau penurunan berat badan secara signifikan bisa jadi merupakan tanda adanya kanker usus, kanker pankreas, atau kanker ovarium.
  • Gangguan buang air
    Perubahan yang terjadi seputar buang air seperti BAB atau BAK yang berdarah dalam jangka waktu panjang, dapat menjadi pertanda adanya penyakit yang lebih serius, seperti kanker usus, kanker ginjal, atau kanker kandung kemih.
  • Depresi dan sakit perut
    Meski cukup jarang terjadi, namun depresi yang disertai dengan sakit perut berkepanjangan dapat menjadi gejala penyakit kanker pankreas.
  • Perdarahan di antara waktu menstruasi
    Perdarahan di luar waktu menstruasi atau menstruasi yang memanjang, dengan jumlah darah yang berlebihan dapat menjadi pertanda adanya kanker endometrium atau kanker pada dinding rahim
  • Perubahan pada testikel
    Kanker testis biasanya diawali dengan adanya benjolan pada testis pria yang terasa nyeri. Bisa juga disertai dengan penimbunan cairan di dalam skrotum, terasa berat, dan sakit seperti tertusuk-tusuk.
  • Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu
    Nyeri berlebihan atau berkepanjangan dapat menjadi pertanda adanya kanker pada bagian tubuh tertentu. Misalnya sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dapat menjadi tanda adanya tumor pada otak, dan nyeri punggung dapat menandakan kanker ovarium, kanker usus atau kanker dubur.
  • Perubahan pada kulit
    Kanker kulit dapat ditandai dengan perubahan warna kulit, kemerahan pada kulit, permukaannya menjadi keras atau bersisik, adanya tahi lalat yang terus bertambah ukurannya, atau timbulnya benjolan mencurigakan pada permukaan kulit.
  • Perubahan pada payudara
    Kanker payudara yang terjadi pada pria dan wanita memiliki gejala yang serupa, yaitu dimulai dengan adanya benjolan pada payudara, kulit payudara berkerut menyerupai kulit jeruk dan berwarna kemerahan, terasa nyeri, dan adanya cairan atau darah yang keluar dari puting.
  • Berat badan turun secara drastis
    Penyakit kanker pankreas, kanker lambung, dan kanker paru-paru umumnya timbul dengan gejala awal berupa penurunan berat badan secara drastis. Penurunan berat badan ini terjadi tanpa usaha dan dalam waktu singkat.
  • Demam berkepanjangan
    Penyakit leukemia atau kanker darah lain umumnya diawali dengan gejala demam berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh, tanpa sebab yang jelas.
  • Kelelahan yang tidak kunjung reda
    Selalu merasa lelah meski sudah beristirahat secukupnya dapat menjadi gejala kanker. Bahkan, kelelahan dapat menjadi tanda bahwa kanker sedang berkembang.

Turunkan Risiko Kanker dengan Membiasakan Hidup Sehat

Pemeriksaan dini menjadi solusi mengetahui jenis kanker yang berbahaya sebagai tindakan pencegahan penyakit yang mengerikan ini. Ada beberapa cara agar sel kanker tidak dapat tumbuh pada bagian tubuh kita.

dengan cara menjaga asupan makanan dan rutin melakukan olahraga. mengurangi makanan rendah lemak dan tinggi karbohidrat. di iringi olahraga teratur, membiasakan gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker dalam tubuh

Jauhi asap rokok dan alkohol juga dapat mengurangi risiko kanker. Risiko kanker juga dapat dihilangkan dengan menghindari paparan radikal bebas dalam tubuh. Berhubungan seks secara teratur juga menurunkan risiko kanker pada pria.

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment