PENTINGNYA SISTEM AKUNTANSI DALAM MEMBANGUN SEBUAH BISNIS

Written by Rendy

PENTINGNYA SISTEM AKUNTANSI DALAM MEMBANGUN SEBUAH BISNIS

Membangun bisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi bukan berarti kamu tak bisa ikut memulai bisnis. Untuk membangun sebuah perusahaan dibutuhkan sebuah manajemen dengan sistem yang baik.

Definisi Sistem itu sendiri adalah seperangkat elemen yang saling bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem harus memiliki organisasi, keterkaitan, integrasi, dan tujuan utama. Setiap bagian dari sistem disebut sebagai subsistem. Subsistem apapun dalam suatu sistem dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian atau subsistem baru.

Contoh dari suatu sistem yang ada di perusahaan adalah Sistem Informasi. Sistem Informasi merupakan suatu sistem yang dibuat manusia yang secara umum terdiri dari seperangkat komponen terintegrasi, dapat berbasis komputer maupun manual, yang ditetapkan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data dan memberikan output berupa informasi  ke pengguna. Sistem informasi memfasilitasi fungsi operasional perusahaan dan mendukung pengambilan keputusan manajemen dengan menyediakan informasi yang dapat manajer gunakan untuk merencanakan dan mengendalikan kegiatan perusahaan.

TUJUAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AKUNTANSI

1. Mengumpulkan dan menyimpan segala data aktivitas dan transaksi yang telah terjadi.

Software akuntansi adalah sebuah tools atau alat yang digunakan SDM sehingga mereka secara disiplin mengumpulkan serta menyimpan semua data transaksi yang terjadi. Semua hal tersebut harus didokumentasikan untuk kebutuhan laporan dan sebagai bukti untuk penelusuran jika terjadi penyimpangan atau kesalahan kerja. Setiap hal kecil terkait dengan transaksi adalah unsur yang penting dan sebisa mungkin tidak tertinggal untuk disimpan.

2. Memberikan Efisiensi

Software Akuntansi yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda memperbaiki efisiensi suatu proses karena dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat. Sebagai contoh, perusahaan yang menggunakan software akuntansi dalam seuatu usaha dapat mencatat semua kegiatan jual beli hingga oprasional perusahaan dengan sangat mudah

3. Memperbaiki pengambilan keputusan

Software Akuntansi dapat memperbaiki pengambilan keputusan dengan memberikan informasi dengan tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan ritel membuat database lengkap yang berisi informasi lengkap tentang transaksi penjualan setiap harinya. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat menganalisis produk yang banyak dicari, pola barang yang harus dibeli dalam jumlah banyak, dan juga dapat digunakan untuk memperbaiki tata letak barang agar penjualannya meningkat.

4 Menghindari kecurangan

Terjadinya kecurangan pada bisnis dapat membawa kerugian tersendiri. Tak hanya dari segi finansial, tapi juga waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan langkah pencegahan kecurangan sejak awal. terdapat jaminan kerahasiaan untuk dokumen-dokumen penting. Kecurangan seringkali terjadi karena kebocoran password yang menjadi akses untuk dokumen-dokumen penting. Untuk itu, sistem keamanan software mesti terpercaya dan desainnya sejalan dengan kepentingan perusahaan, sehingga tidak gampang diretas ataupun diutak-atik oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab. Software yang tepat dapat membantu perusahaan membangun akuntabilitas secara efisien.

*Nah jika bicara mengenai manfaat dan keuntungan menggunakan software akuntansi, wah pastinya sangat banyak yuk kita bahas :

Manfaat Menggunakan Sistem Akuntansi Dalam Perusahaan

sistem informasi akuntansi ini juga memiliki beberapa manfaat bagi sebuah perusahaan. Apa saja manfaatnya?

  • Menyajikan berbagai informasi yang lebih akurat dan tepat waktu, sehingga perusahaan dapat melakukan berbagai aktivitas utama pada value chain secara lebih efektif dan efisien.
  • Meningkatkan kualitas dan untuk mengurangi biaya produksi produk maupun terhadap jasa yang dihasilkan.
  • Meningkatkan tingkat efisiensi dari kinerja bisnis, baik itu pada bagian keuangan dan bagian-bagian lainnya.
  • Meningkatkan kecepatan dalam pengambilan keputusan.
  • Meningkatkan sharing knowledge.

Dari beberapa manfaat di atas maka sistem informasi akuntansi memang berperan sangat penting bagi perusahaan. Dengan adanya sistem informasi akuntansi yang lebih baik, maka perusahaan dapat melakukan berbagai proses operasional maupun informasi dengan  lebih efektif dan efisien karena adanya pengendalian yang akan mampu mengendalikan berbagai proses-proses tersebut, sehingga dapat menghasilkan tujuan yang lebih sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan.

Selain itu, informasi akuntansi yang telah dihasilkan dari sistem tersebut juga dapat dipertanggung jawabkan untuk nantinya digunakan dalam pengambilan keputusan tentang keuangan perusahaan dan digunakan oleh pihak-pihak eksternal perusahaan untuk berhubungan dengan bebagai kegiatan bisnis. Sehingga ketika perusahaan sudah mampu menjalankan sistem informasi akuntansinya dengan baik, maka manfaat dan tujuan di atas akan mulai dapat dirasakan secara langsung dampak positifnya bagi perusahaan. Sebaliknya jika perusahaan tidak dapat menjalankan sistem informasi akuntansinya dengan baik, maka akan menghambat proses bisnis dan semakin mengakibatkan terjadinya kegiatan bisnis tersebut tidak mampu berjalan dengan lancar.

]]>
Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment