Pentingnya Menyusun Target Bagi Perusahaan

Written by Anto

Sebagai pengusaha pernahkan Anda menentukan target tertentu untuk dicapai? atau Anda hanya menjalani bisnis dengan standar kerja Anda yang mengalir apa adanya mengikuti kondisi pasar dan tidak pernah memikirkan target? Entah Anda sadar atau tidak, perubahan terus terjadi begitu cepat. Di luar sana banyak sekali bertumbuh dan berkembang dengan begitu pesat para pesaing yang siap mengambil alih peranan usaha Anda jika Anda tidak mengantisipasinya dengan baik. Di sinilah pentingnya Anda memikirkan pertumbuhan bisnis Anda dari waktu ke waktu salah satunya dengan menentukan target. Target yang Anda susun juga tidak boleh sembarangan. Target yang disusun harus memiliki kriteria SMART. Berikut adalah penjelasannya:

1. Spesific

Target harus dibuat secara spesifik dan tidak bias. Spesifik artinya memiliki nilai atau angka yang jelas. Misalkan berapa target banyaknya pengunjung yang datang, pengunjung yang melakukan transaksi, atau target berapa besar omset yang ingin dicapai.

2. Measurable

Target yang Anda buat benar-benar harus bisa diukur pencapaianya. Misalkan target pengunjung toko Anda yang melakukan pembelian dalam sebulan adalah 100 orang maka Anda harus bisa menghitung jumlah transaksi dalam sehari, seminggu dan sebulan tersebut. Anda juga perlu menghitung berapa banyak pengunjung yang datang. Sehingga Anda bisa mengetahui berapa persen dari pengunjung yang datang yang melakukan pembelian. Jika pengunjung yang datang banyak namun yang melakukan transaksi tidak banyak, apakah mungkin barang yang mereka cari tidak tersedia di toko Anda? atau ada faktor lain yang menyebabkan banyaknya pengunjung tidak membuat banyak transaksi.

3. Achievable

Target yang Anda buat harus bisa dicapai. Untuk mencapai target tentu saja Anda harus menjalankan strategi yang bisa menunjuang tercapainya target tersebut. Misal Anda ingin mencapai target penjualan yang lebih luas, Anda bisa memasang strategi promosi di marketplace atau toko online. Jika bisnis Anda adalah bidang kuliner, maka Anda bisa mendaftar sebagai partner Go food atau Grab food dan melakukan promosi produk Anda di sana. Dengan banyaknya media penjualan maka Anda bisa mencapai target pasar yang lebih luas. Selain itu target yang Anda buat juga harus realistis dan tidak bisa mengada-ada. Target yang Anda buat harus berdasar dan tidak bisa sembarangan. Misalkan total penjualan tahun lalu adalah Rp. 600.000.000 dengan rata-rata penjualan bulanan Anda dalam 1 tahun yang lalu adalah Rp. 50.000.000/bulan, maka jika tahun ini Anda menetapkan target rata-rata per bulan adalah Rp. 100.000.000, hal ini tentu saja kurang realistis. Jika dalam tahun lalu pernah mencapai penjualan tertinggi misalkan dalam bulan agustus yaitu Rp. 70.000.000 maka angka ini realistis jika Anda ingin menjadikan target bulanan dalam tahun ini. Akan lebih bijak lagi jika Anda ingin menentukan target 20% atau 30% lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Intinya Anda harus mengukur kemampuan Anda pada tahun sebelumnya untuk menentukan target tahun mendatang. Realistic sangat erat kaitannya dengan measurable.

4. Rewarding

Target yang dicapai harus bisa memberikan kesenangan terhadap diri Anda. Berikan penghargaan ke diri sendiri saat target tersebut Anda capai berupa reward. Reward bisa berupa materi seperti insentif dalam jumlah rupiah tertentu, atau reward bisa berupa trip ke luar kota atau ke luar negeri sesuai budget yang realistis dengan target yang ditentukan.

5. Timely

Anda harus menentukan Deadline dari target yang Anda buat. Kapan target itu tercapai harus ditentukan. Jika dalam 1 Tahun Anda menargetkan penjualan sebesar 800.000.000/tahun maka Anda bisa membaginya dalam beberapa waktu. Pembagian waktu ini bertujuan untuk mengukur sudah berapa persen target itu tercapai. Misalkan setiap 3 bulan sekali harus dilakukan evaluiasi. Jika 800.000.000/ tahun dibagi per 3 bulan maka per 3 bulan harus tercapai angka minimal Rp. 200.000.000. Jika dalam 3 bulan pertama belum tercapai angka ini, maka perlu ditinjau ulang mengenai effort apa yang sudah dijalankan untuk mencapai target ini.

Bingung dalam menyusun target?

Jika Anda bingung dalam menyusun target bagi usaha Anda, Anda bisa menggunakan templete smart goals yang sudah ada dan sudah digunakan oleh ribuan perusahaan.

Dapatkan PDF Smart Goals Gratis Untuk menyusun Target secara SMART


.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment