Pentingnya Pencatatan Akuntansi untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Written by Yopi

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat ini tumbuh dan berkembang dengan sangat pesatnya mulai dari desa-desa sampai di kota- kota besar, sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia usaha kecil menengah harus selalu didukung oleh kebijakan pemerintah yang berpihak kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM)

Banyak sekali jenis produk yang dihasilkan usaha kecil menengah, contohnya; produk kerajinan tangan, produk pakaian etnik, makanan kering olahan dan masih banyak lagi.  Untuk terus mengembangkan produk usahanya , pengusaha usaha kecil menengah (UKM) terkadang terkendala dalam hal akses permodalan, nah disinilah pentingnya pencatatan akuntansi untuk semua usaha kecil menengah.

Mengapa pencatatan akuntansi sangat penting diterapkan oleh setiap pengusaha usaha kecil menegah (UKM). Karena dengan melakukan pencatatan akuntansi secara rutin dan tepat, maka pengusaha akan mendapatkan laporan keuangan usaha yang menggambarkan kondisi keuangan usaha. 

Meskipun masih dalam skala bisnis yang kecil apabila sudah menerapkan proses akuntansi didalam setiap transaksi usaha maka, untuk menjadi usaha yang berkembang pesat hanya menunggu waktu saja. Berikut laporan keuangan yang harus dimiliki oleh setiap usaha kecil menegah

  1. Laporan Neraca
  2. Laporan Laba / Rugi.
  3. Laporan Piutang
  4. Laporan Hutang
  5. Laporan Penjualan
  6. Laporan Pembelian
  7. Laporan Persediaan
  8. Laporan Arus Kas

Dengan memiliki laporan keuangan usaha, tentu akan memudahkan pengusaha dalam pengambilan keputusan bisnis untuk pengembangakan usaha. Berikut keuntungan yang akan didapatkan pengusaha UKM ketika sudah menerapkan pencatatan akuntansi didalam usaha di antaranya adalah :

  1. Dapat mengetahui progres perkembangan usaha yang sedang dijalankan.
  2. Tidak tercampur antara uang pibadi dan modal usaha yang sudah di tetapkan.
  3. Dapat mengetahui daftar aset dan nilai aset yang dimiliki untuk digunakan mengembangkan usaha.
  4. Mengetahui nilai hutang dan piutang usaha.
  5. Dapat mengetahui arus kas yang digunakan untuk bertransaksi.
  6. Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Guna memudahkan penerapan akuntansi didalam bisnis usaha kecil dan menengah, maka perlunya menggunakan Sistem atau Software akuntansi untuk memudahkan pencatatan transaksi usaha dibandingkan jika Anda masih melakukan pencatatan akuntansi secara manual.

Saat ini sudah banyak tersedia software akuntansi yang dapat membantu pengusaha untuk memudahkan pencatatan transaksi usaha yang secara otomatis dapat membantu menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan pengusaha. Salah satu software akuntansi yang dapat Anda gunakan adalah Accurate online. Untuk mengetahui lebih detail mengenai Accurate online dapat menelusuri link terkait. Terima kasih.

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment