Perusahaan Indonesia yang Mampu Mengubah Dunia Karena Inovasi

Written by Anto

Inovasi. Itulah hal yang selalu dituntut dari waktu ke waktu agar sebuah perusahaan bisa tetap survive dan terus bisa bersaing dalam memberikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan tidak berpaling ke lain hati. Hidup matinya perusahaan tergantung dari seberapa besar kemampuannya untuk berinovasi dan beradaptasi serta selalu berusaha memberikan nilai lebih bagi para pelanggannya. Sebagai contoh: Google yang awalnya hanya menyediakan layanan email untuk berkirim pesan, saat ini Google telah memenuhi hampir seluruh kebutuhan masyarakat dengan berbagai layanan yang serba terhubung seperti Youtube, Google Drive, Sheet, Google Meeting, Hangout dan lain sebagainya. Bahkan yang sungguh tidak disangka-sangka akan menjadi trend saat ini yaitu Smartphone berbasis Android adalah smartphone yang dibekali dengan Operating Sistem yang dikembangkan oleh Android. Inc dengan dukungan finansial dari Google dan sekarang Android telah dibeli dan dimiliki oleh Google. Mungkin separuh dari orang Indonesia saat ini menggunakan Smartphone berbasis Android. Perusahaan besar seperti Google akan rela mengeluarkan dana seberapapun besarnya untuk membayar Inovasi. Selain Google Perusahaan besar lainnya seperti Microsoft juga rela membeli skype dengan harga US$ 8,5 Milliar karena Skype dianggap berinovasi.

Begitu berharganya sebuah inovasi, maka perusahaan yang memiliki inovasi bisa mengubah dunia dan kehidupan. Berikut beberapa perusahaan yang memiliki inovasi dan telah mengubah kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia sesuai dengan kategorinya.

1. Inovasi Bidang Transportasi

Ojek online dan taxi online seperti Gojek dan Grab saat ini telah menjadi transportasi primadona di Indonesia. Dengan layanan yang berbasis online ini, sangat memudahkan masyarakat untuk menggunakan layanan ojek online atau taxi online. Selain tarif yang sangat terjangkau dan masuk akal, pengguna layanan ini juga punya wewenang untuk memberikan penilaian langsung terhadap PIC atau driver dengan memberikan jumlah bintang sehingga driver dituntut untuk memberikan pelayanan prima terhadap penumpangnya jika ingin mendapatkan nilai yang baik. Sebuah inovasi yang sangat luar biasa. Meskipun ide ojek dan taxi online mula-mula bukan dari Indonesia, melainkan sudah didahului oleh Uber namun ojek online yang ada di Indonesia telah banyak sekali mengubah perekonomian masyarakat dan telah memuliakan profesi tukang ojek.

2. Inovasi Bidang Bisnis Online

Perusahaan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan lain sebagainya adalah sebuah perusahaan jasa perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli online secara nyaman dan Aman. Inovasi yang mereka buat yang sebelumnya belum dilakukan oleh marketplace adalah sistem pembayaran yang menggunakan rekening bersama membuat transaksi semakin aman. Pembayaran dari pembeli sebuah barang di marketplace tidak akan langsung masuk ke rekening penjual barang sebelum barang benar-benar diterima oleh pembeli dan pembeli menyatakan telah menerima barang dengan baik. Selama proses pengiriman, dana pembayaran masih dipegang oleh pihak penyedia layanan marketplace ini. Banyak orang yang tadinya kesulitan menjalannkan bisnis telah banyak yang berhasil meraup keuntungan besar dengan berjualan di marketplace ini.

3. Inovasi Bidang Aplikasi Pembukuan Usaha

Dahulu orang bekerja sebagai accounting atau staf administrasi keuangan perusahaan selalu dibebani dengan tugas berat mengarsip data dan mencatat transaksi serta menyusun laporan keuangan. Buku besar dan file arsip tertata dengan rapi di lemari dan rak kantor untuk persiapan jika menghadapi audit berkala. Selain itu seorang bos yang seharusnya bisa menikmati waktu lebih luang untuk memikirkan ekspansi atau sekedar menjalankan hobinya terpaksa harus standby di kantor mana kala ada stafnya yang memerlukan persetujuan transaksi. Hal ini sangatlah menyeramkan. Perusahaan UKM tumbuh dengan begitu lambatnya karena fokus bukan pada bagaimana caranya berinovasi tetapi fokus kepada kesalahan-kesalahan administrasi karena human eror yang tinggi dalam penyusunan laporan keuangan. Itu semua cerita dahulu kala.

Sekarang telah ada perusahaan yang berinovasi untuk membantu para UKM mengatasi kendala seperti itu. Contohnya ACCURATE, Sekarang telah tersedia aplikasi Accurate Online yang menghapuskan segala kengerian akibat kesalahan pembuatan laporan keuangan. Para BOS sekarang bisa berlenggang dan memanfaatkan waktunya untuk memikirkan ekspansi dan menjalankan hobi. Jika ada karyawan yang memerlukan persetujuan transaksi, maka bos bisa melakukan Approval secara digital menggunakan smartphone canggihnya. Smartphone sekarang menjadi multi fungsi, selain bisa digunakan untuk melakukan Approval secara digital, melalui aplikasi Accurate Online dalam smartphone juga bisa melihat laporan keuangan lengkap usahanya, bisa mengetahui daftar stok barang, hutang dan piutang jatuh tempo, Keuntungan usaha Harian, bulanan, atau tahunan, dan semua yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.

Dan nilai tambahnya buat Accurate adalah mereka berani memberikan percobaan gratis sepuas-puasnya dalam waktu 30 hari per database kepada calon penggunanya tanpa takut ditemukan kesalahan dalam sistem Accurate ini. Mengapa demikian karena Accurate sudah percaya bahwa softwarenya sempurna. Bagaimana menurut Anda, apakah Anda juga ingin mencoba Accurate Online? Silahkan kunjungi saja website resminya di https://accurateonline.id dan jadilah bagian perusahaan yang tumbuh karena inovasi

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment