Rahasia Untung Besar Dari Bisnis Budidaya Ikan LELE ! Untuk Pemula

Written by Rendy

Panduan Cara Berternak Ikan Lele Agar Menguntungkan

Budidaya ikan lele kini semakin banyak diminati orang. Pasalnya, dengan model yang minim bisa memberikan keuntungan yang besar. Hal ini dikarenakan masyarakat luas sudah mengenal ikan lele dengan rasanya yang enak. Namun,  jika anda berminat untuk peternak ikan lele, harus lebih jeli dalam menjalankan bisnis ini. Mulai dari mempersiapkan model yang cukup  benih yang berkualitas, kolam yang tepat, pakan yang tepat dan lain sebagainya.

Bisnis ikan lele ini tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman, namun bisnis ini juga cocok untuk usaha pemula. Karena bisnis ikan lele ini sangat mudah untuk dilakukan. Namun agar keberlangsungan bisnis ikan lele ini semakin berkembang, anda memerlukan wawasan mengenai cara berternak ikan lele yang menguntungkan. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara-cara memulai usaha ikan lele.

Budidaya Ikan Lele

Dengan budidaya ikan lele, anda akan lebih paham mengenai potensi pemasaran ikan lele di lingkup pasar yang lebih luas. Memiliki budidaya ikan lele, anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pasalnya ikan lele ini memang sangat mudah dibudidayakan serta tidak membutuhkan terlalu banyak tempat dan banyak air untuk keberlangsungan hidupnya.

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dengan berternak ikan lele yaitu kolam dengan ukuran kecil bisa ditebar dengan benih yang sangat banyak. Karena ikan lele memang termasuk ikan yang bisa hidup di air tawar dengan jumlah air yang sedikit. Apalagi saat ini banyak orang yang berminat untuk membeli ikan lele, karena memiliki gizi yang lebih tinggi. Nah, jika anda berminat untuk peternak ikan lele, berikut ini cara-caranya:

  • Menggunakan Kolam Terpal

Ada beberapa jenis kolam yang bisa digunakan untuk beternak ikan lele. Salah satu jenis kolam yang paling banyak dipilih karena modalnya kecil yaitu kolam terpal. Sesuai dengan namanya, kolam ini hanya membutuhkan terpal. Unuk memulai bisnis ikan lele, kolam terpal ini tidak hanya memudahkan para pemula dan bisa menghindarkan ikan lele dari pemangsa.

Adapun kelebihan lain menggunakan kolam terpal yaitu lebih hemat dari pada kolom semen, lebih mudah mengatur volume atau ketinggian air dan bebas dari kontaminasi tanah, sehingga ikan bisa lebih bersih dan mudah cara membuatnya.

  • Tepat Memilih Benih Unggul

Cara beternak ikan lele yang selanjutnya yaitu memilih benih ikan lele yang unggul. Karena pemilihan banih yang tepat ini sangat berpengaruh terhadap potensi dan kualitas ikan lele. Usaha budidaya ikan lele akan semakin memberikan hasil yang maksimal jika bisa memilih benih-benih ikan lele dengan ukuran yang sama, gesit, agresif dan memiliki warna yang terang.

Ciri-ciri benih ikan lele yang unggul memang seperti itu. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli benih ikan lele, alangkah baiknya jeli dalam memilihnya. Harga benih unggul ini memang lebih mahal. Nanun keuntungan yang akan Anda dapatkan  juga semakin besar.

  • Kualitas Air

Keberlangsungan bisnis ternak ikan lele ini juga terpengaruh dari kualitas airnya. Air yang cocok untuk ternak ikan lele yaitu berwarna hijau. Pasalnya ikan lele memang tidak suka dengan air jernih. Air berwarna hijau bukan berarti kotor, perubahan air berwarna hijau ini dikarenakan lele sedang berkembang, sedangkan seketika air berwarna merah itu berarti ikan-ikan sudah siap dipanen.

Meski begitu, kebersihan air harus tetap dijaga agar ikan lele bisa berkembang dengan baik. Untuk membuat keruh sebagian kolam lele, anda bisa memanfaatkan tanaman-tanaman air seperti eceng gondok atau talas. Tanaman-tanaman air inilah yang bisa menyerap racun yang bertebaran di kolam.

  • Ketinggian Kolam

Setelah anda sudah menyiapkan kolam terpal, langkah selanjutnya yaitu anda harus mengontrol ketinggian air. Lambat laun air kolam ikan lele ini akan semakin berkurang karena diserap oleh sinar matahari sehingga menguap. Untuk ketinggian air kolam yang tepat yaitu 20 cm untuk bulan pertama, 40 cm bulan kedua dan 80 cm untuk bulan ketiga. Pasalnya semakin lama ikan lele juga semakin berkembang, sehingga membutuhkan tempat yang lebih luas untuk bergerak.

  • Pakan Ikan Lele

Untuk keberlangsungan hidup ikan lele, perlu memilih pakan yang berkualitas. Pakan yang tepat untuk ikan lele yaitu pelet. Agar perkembangan ikan lele semakin cepat, setiap harinya perlu diberi makan tiga sampai 4 kali pada pagi sore dan malam hari.

Jika anda membudidayakan lele  dengan jumlah yang banyak, tentu saja harga pakan lelenya juga semakin mahal. Sehingga biaya produksi yang seperti ini perlu dicari solusi. Solusi yang tepat untuk pakan lele sebagai pengganti pelet yaitu ikan kecil, ayam mati, dan cacing sebagai pakan alami. Meski begitu, anda bisa menyelipkan  beberapa kali pakan pelet.

  • Amankan Ikan Lele

Setelah beberapa cara tersebut sudah anda lakukan, cara selanjutnya untuk berternak lele yaitu mengamankan ikan lele dari pemangsa seperti halnya kucing atau burung dan sejenisnya. Maka dari itu, perlu dibuat penghalang berupa jaring agar pemangsa tidak mudah menyerang ikan lele yang bis mengakibatkan kerugian.

 Perhatikan Waktu Panen 

Yang terakhir yaitu memanen ikan lele di waktu yang tepat. Biasanya ikan lele yang siap dipanen yaitu berusia 90 hari atau 3 bulan. Jntuk penjualan ikan lele ini, pilihlah ikan yang berkualitas baik. Sedangkan sisa ikan lele biasa dibudidayakan lagi untuk menghasilkan anak-anak yang lebih banyak. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih cepat, anda bisa membudidaya lele jenis sangkuriang karena umurnya hanya 2 bulan untuk dipanen.

Dapatkan Bibit Ikan Lele Berkualitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suksesnya ternak lele tergantung dari benih yang dipilih. Maka dari itu, memilih benih yanverkualitas memang menjadi fokus utama sebelum ternak lele. Ciri-ciri bibit ikan lele yang berkualitas yaitu berasal dari  dari budidaya yang berkualitas, memiliki gerakan yang lincah, fisik yang lengkap dan berwarna lebih cerah. Lebih jelasnya berikut ini ulasannya:

  • Gerakan lincah

Benih ikan lele yang berkualitas memiliki gerakan yang lincah dan gesit. Karena ikan lele yang memiliki gerakan lincah ini menandakan benih yang sehat.

  • Berasal dari budidaya

Benih  ikan lele berkualitas berasal dari budidaya yang unggul. Karena benih yang berasal dari budidaya ini kualitasnya lebih terjaga dan melalui proses pemeliharaan yang intensif.

  • Fisik sempurna

Selain memperhatikan gerakannya, ikan lele yang berkualitas memiliki fisik yang sempurna. Dengan kata lain, terbebas dari bintik-bintik lecet dan lain sebagainya.

  • Ukuran bibit seragam

Yang terakhir yaitu memiliki ukuran bibit yang seragam hal ini bertujuan agar tidak terjadi kanibal yang besar memakan yang kecil sehingga tidak terjadi kerugian

Itulah ulasan mengenai cara ternak lele yang baik serta ciri-ciri ikan lele yang berkualitas. Beternak ikan lele terbilang mudah, karena modal yang dibutuhkan juga terbilang minim. Selain itu, ternak lele juga tidak membutuhkan tempat yang terlalu banyak. Sehingga cocok bagi anda pembisnis pemula dengan modal yang minim. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Efisiensikan Kerjamu dengan Aplikasi Akuntansi

Pembukuan keuangan atau sistem akuntansi pada perusahaan dalam skala terkecil sekalipun mutlak dibutuhkan.

Software akuntansi memberikan banyak kelebihan yang memudahkan penyediaan data dan juga penyederhanaan sistem pembukuan. Perusahaan tidak perlu lagi menyiapkan puluhan hingga ratusan buku untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Melalui software akuntansi ini setiap transaksi bisa langsung diinput ke dalam progam dan semua Input yang telah diproses bisa dilihat dan ditarik datanya dengan mudah dan menghasilkan laporan keuangan secara lebih efisien dan profesional.

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment