Review Bisnis Coffee Shop “Lot Dua Tiga”

Written by Ichsan

Review Bisnis Coffee Shop

"Lot Dua Tiga"

Apa itu Lot Dua Tiga?? 
Jadi Lot Dua Tiga itu adalah Bisnis Coffe Shop yang ada di daerah Jl. Dewi Sartika No. 40D, Cawang, Jakarta. jadi gue kemaren kebagian tugas kantor nih wkwk dan lagi mau nge review tentang bisnis Coffee Shop. Kebetulan gue punya rekanan nih yang lagi ngebangun bisnis tersebut, yaudah gue langsung gue hubungin dan setelah janjian langsung aja gue interview orang nya..
nah berikut videonya ya

Review Bisnis Coffee Shop

"Lot Dua Tiga"

Saat ini meminum kopi sedang menjadi trend dan menjadi gaya hidup. Kita sering kali melihat postingan di sosial media banyak yang memamerkan saat membeli atau mengkonsumsi kopi. Dulu untuk mengkonsumsi kopi yang nikmat kita harus ke cafe dengan harga kopi yang mahal, kini ini kita bisa menikmati kopi yang nikmat dengan harga terjangkau.

bisnis Coffee Shop kini makin marak saja dengan berbagai konsep. Kebiasaan orang Indonesia suka nongkrong sambil minum kopi, hal ini membuat bisnis kedai kopi menjamur di berbagai tempat dengan konsep yang berbeda-beda. 

Pertumbuhan bisnis Coffee Shop di Indonesia bertumbuh signifikan. Tak hanya menjamur di kota-kota besar saja seperti Jakarta, Medan, Bandung atau Surabaya saja. Kota-kota kecil sekalipun kini sudah memiliki banyak kedai kopi dengan konsep yang menarik juga.

Ada beberapa alasan lagi kenapa bisnis Coffee Shop menjadi salah satu peluang bisnis yang baik. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa alasan memulai bisnis Coffee Shop.

Memiliki Pasar Luas

Seperti yang telah Anda ketahui, bisnis coffee shop ini memiliki pasar yang sangat luas. Di mana, semua kalangan dari kelas bawah hingga atas, usia remaja hingga dewasa, dapat dipastikan menyukai kopi. Hal inilah yang membuat bisnis ini dapat meraih keuntungan besar. Namun, untuk meraup untung yang besar, Anda juga harus menyediakan kopi yang nikmat dan memilih tempat yang nyaman, harga terjangkau, serta pelayanan yang baik.

Omzet Harian Mudah Didapat

omset coffee shop

Berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis coffee shop memungkinkan Anda untuk mendapat keuntungan atau omzet per hari. Di mana, omzet ini akan meningkat ketika hari libur seperti weekend dan hari libur sekolah atau nasional. Bukan hanya itu, kebiasaan meminum kopi di pagi hari juga memungkinkan Anda untuk meraih omzet harian yang lebih besar dibanding bisnis lainnya.

Hanya Membutuhkan Menu Sederhana

waktu santai coffee shop

Tidak seperti bisnis kuliner yang lain, jika Anda ingin memulai bisnis coffee shop, Anda harus bisa menawarkan menu sederhana yang dikemas secara unik dan modern. Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen, seperti menu kopi yang dicampur dengan cappuccino, green tea, moka, milk shake, dan lainnya. Anda juga bisa menyajikan makanan ringan yang bisa mendampingi konsumen Anda saat sedang meminum kopi, misalnya dengan menjual french fries, burger, cake, dan makanan ringan lainnya.

Hanya Memerlukan Tempat Nyaman

ngopi santai yang bikin nyaman

Tidak perlu menyediakan bangunan coffee shop yang rumit dan terlalu banyak ornamen. Cobalah untuk menyediakan tempat yang membuat pengunjung nyaman dan berada di lokasi yang strategis. Karena, saat ini tren masyarakat Indonesia adalah menikmati kuliner di tempat sederhana. Berikan unsur yang membuat mereka nyaman minum kopi senyaman mereka minum kopi di rumah. Anda juga bisa memberikan fasilitas seperti WiFi gratis, colokan listrik, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan mereka yang ingin menikmati kopi sekaligus bekerja.

BONUS TIPS: Gunakan sistem untuk pencatatan kegiatan bisnis Kopi Shop kamu, kesalahan yang sering sekali terjadi pada pebisnis pemula yaitu melupakan pencatatan setiap transaksi yang ada pada bisnis yang dijalankan.

FREE Trial ACCURATE Online : Klik disini.. 

Analisa Usaha Kedai Kopi

Kedai Kopi Sederhana

Modal Awal

  • Renovasi tempat : Rp. 10.000.000,-
  • Peralatan Coffee maker dan lain-lain : Rp. 10.000.000,-
  • Meja dan Kursi Rp. 1.500.00,-
  • TOTAL Rp: 21.500.000,-

Biaya Operasional

  • Sewa tempat : Rp. 1.500.000,-
  • Bahan Baku : Rp. 1.500.000,-
  • Listrik, Air, Internet Rp. 1.000.000,-
  • Gajai Pegawai 3 orang : Rp. 3.000.000,-
  • Marketing : Rp. 1.00.000,-
  • TOTAL : Rp. 8.000.000,-

Omset atau Pendapatan

Perkiraan penjualan 30 gelas per hari @Rp. 10.000 :

  • 30 Gelas x Rp. 10.000 x 30 Hari = Rp. 9.000.000

Menu lain atau makanan ringan 15 pcs per hari @rp. 10.000 

  • 15 pcs x Rp. 10.000 x 30 hari = Rp. 4.500.000

Omset Perbulan 

  • Rp. 9.000.000 + Rp. 4.500.000 = Rp. 13.500.000,-

Keuntungan atau laba bersih

  • Omset - Biaya Operasional 
  • Rp. 13.500.000 - Rp. 8.000.000 = Rp. 5.500.000

BEP / Break Event Point

  • Modal Awal / Keuntungan
  • Rp. 21.500.000 / Rp. 5.500.000
  • 3,9 bulan = 118 hari

Penting !!! Lakukan pencatatan setiap transaksi yang terjadi di bisnis Anda. 

Ichsan
Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

"Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate"

About the author

Ichsan

Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

"Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate"

Leave a Comment