Sebelum Punya Bisnis Online? Anda Wajib Perlu Melakukan Hal Ini

Written by Rendy

Mengatur keuangan manajemen keuangan yang baik merupakan salah satu komponen penting dalam setiap bisnis. Termasuk dalam bisnis online. Sebab, keuangan merupakan hal yang penting bagi kelangsungan setiap bisnis itu sendiri.

Bisnis online bisa saja memberi keuntungan besar. Isi rekening Anda akan terus bertambah karena  pada umumnya pembayaran dilakukan melalui sistem transfer. Namun kalau  tidak bisa dikelola secara optimal, sistem keuangan bisa berantakan. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, Anda bisa mendapatkan penghasilan besar, tapi tidak dapat dinikmati‚ÄĚ.

Bagaimana cara mengelola keuangan yang baik untuk bisnis online Anda? Ikuti rangkuman berikut ini. Setiap pembisnis perlu membuat laporan keuangan. Sekalipun bisnis yang dijalankan tergolong usaha kecil dan menengah, Anda tetap perlu mengelola finansialnya dengan baik. Tidak harus serumit laporan keuangan perusahaan besar, tetapi Anda bisa dengan membuat laporan keuangan yang sederhana saja.

Dalam pembuatan laporan keuangan, Anda perlu menghitung dan mencatat uang yang masuk dan keluar setiap hari kerja. Hal ini perlu dilakukan agar arus kas tercatat dengan rapi, sehingga Anda dapat mengetahui dengan jelas aliran dana dan merencanakan keuangan bisnis Anda. Anda pun lebih dapat mengontrol pengeluaran agar tidak lebih besar daripada penghasilan.

berikut 5 cara sederhana dalam mengatur keuangan yang bisa Anda terapkan. Semoga dapat menjadi pedoman untuk Anda yang menjalankan bisnis toko online atau bisnis lainnya.

Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bisnis Online Pisahkan Uang Pribadi dengan Bisnis

1. Pisahkan Uang Pribadi dengan Bisnis

 

Sebelum Anda menghitung dan mencatat keuangan bisnis Anda, pastikan anda tidak mencampur-adukkan antara uang pribadi dengan uang untuk bisnis. Jika Anda tidak memisahkannya, maka Anda akan kebingungan dalam mengelola keuangan bisnis. Jadi, lebih baik Anda membuka rekening bank khusus untuk bisnis Anda sejak awal Anda memulai usaha. Ini akan lebih memudahkan dalam pengelolaan finansial bisnis Anda.

2. Catat Pemasukan per Hari

Anda perlu mencatat semua uang yang masuk setiap harinya. Dari mana pun sumber uangnya, catatlah di dalam buku kas yang khusus untuk bisnis Anda. Namun, karena zaman sudah modern, Anda juga bisa membuat pembukuan di komputer dengan Microsoft Excel. Contoh pemasukan, yakni hasil penjualan produk, komisi dari produsen, dan modal dari investor. Catat semuanya dengan detail, mulai dari tanggal, jumlah produk yang terjual, harga satuan, total penjualan, dan sebagainya.

3. Catat Biaya Tetap

Besaran biaya tetap adalah biaya-biaya yang sudah pasti dikeluarkan oleh bisnis Anda setiap bulannya atau dalam rentang waktu tertentu. Misalnya, biaya untuk berlangganan internet, biaya sewa hosting dan domain, upah atau gaji karyawan, dan lain-lain. Besaran biaya tetap akan membantu Anda untuk memperkirakan jumlah pengeluaran bisnis Anda per bulannya dan mengontrol pengeluaran untuk hal-hal lainnya

4. Catat Biaya Variabel

Biaya variabel adalah biaya yang berubah secara proporsional dengan aktivitas bisnis. Biaya variabel adalah jumlah biaya marjinal terhadap semua unit yang diproduksi.  Misalnya, biaya yang Anda gunakan untuk membeli barang yang akan dijual kembali, biaya bahan baku untuk pembuatan produk, biaya pulsa untuk menelepon, biaya pengiriman barang, uang tip untuk kurir, dan lain-lain. Semuanya itu harus dicatat, sekalipun hanya uang kecil seperti Rp 1000 saja.

5. Hitung Laba-Rugi

Setelah Anda mencatat seluruh pemasukan dan biaya pengeluaran setiap harinya, jangan lupa untuk menghitung laba-ruginya. Anda harus tahu apakah bisnis Anda untung atau rugi setiap bulannya. Caranya, dengan menghitung jumlah pemasukan lalu dikurangi total biaya tetap ditambah biaya variabel. Dari perhitungan tersebut, Anda bisa tahu prospek bisnis yang Anda jalankan. dengan begitu anda bisa mengatur keuangan yang sedang berjalan dibisnis anda. 

Mengelola keuangan dengan membuat laporan pembukuan Perusahaan sanagat penting dan wajib dimiki. Untuk masalah ini, ACCURATE ONLINE adalah solusinya. Software akuntansi online yang memiliki fitur lengkap, mulai dari membuat laporan keuangan hingga mengelola stok barang Anda bisa dilakukan dalan satu aplikasi. Yuk Cobain Softwarenya Gratis Disini

 

 

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment