Sebenarnya Apa yang Dikerjakan oleh Seorang Digital Marketer?

digital marketer
Written by Anto

Sekarang adalah waktu yang sangat tepat jika kamu ingin memulai pekerjaan sebagai digital marketer karena digital marketing adalah pekerjaan yang wajib dijalankan oleh hampir semua perusahaan di era ekonomi global seperti sekarang ini. Dengan digital marketing pemasaran produk yang kamu miliki atau produk dari perusahaan tempat kamu bekerja bisa dipasarkan dengan lebih luas dan sangat menguntungkan karena pembeli produk yang kamu pasarkan melalui digital marketing bukan hanya customer di sekitar lokasi kamu melainkan orang-orang di seluruh Indonesia maupun dunia. Digital marketing juga lebih praktis, efektif dan efisien. Berbeda dengan marketing konvensional yang menawarkan produk dengan cara door to door untuk menawarkan barang, membagi brosur atau membuka stand pameran yang bisa memakan biaya dan tenaga cukup besar, digital marketing bisa Anda jalankan sambil tiduran di kamar atau ruang kerja kamu dengan bermodalkan kuota internet dan kreatifitas.

Digital Marketing Semakin Efektif

Musibah berupa wabah virus Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap dunia digital marketing. Para pelaku usaha terpaksa memutar otak dan mulai mencoba memasarkan produknya melalui jaringan pemasaran digital agar usahanya tetap bisa hidup. Padahal sebelumnya mereka merasa khawatir dan enggan untuk memasarkan produk secara online. Mereka merasa lebih aman dan nyaman jika menjual produk secara konvensional kepada pelanggan di area atau wilayah setempat.

Bukan hanya itu, masyarakat awam seperti ibu rumah tangga yang pada umunya takut untuk membeli sesuatu secara online, secara perlahan mereka mau dan memberanikan diri untuk mencoba membeli barang secara online karena himbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah demi mencegah penularan virus corona. Dari pengalaman awal mereka membeli produk secara online itu, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya kecanduan untuk membeli produk secara online dan malas keluar rumah. Di sinilah kesempatan bagi para digital marketer untuk mempertajam kemampuan digital marketing-nya.

Aset Digital Marketing

Perusahaan pemasaran dituntut memiliki aset untuk menunjang pemasaran produknya dengan maksimal. Jika perusahaan konvensional memerlukan aset pemasaran berupa rak display, brosur, meja demonstrasi dan sebagainya, maka para digitalmarketer-pun memerlukan aset untuk melaksanakan aksi digital marketing-nya. Aset digital marketing yang diperlukan oleh para digital marketer tentu lebih efisien dan lebih mudah dipenuhi dari pada aset pemasaran konvensional. Beberpa Aset digital marketing yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer antara lain sebagai berikut:

  • Akun Sosial Media: Akun sosial media yang wajib dimiliki oleh digital marketer antara lain : Instagram, Facebook, Twiitter dan Youtube.
  • Website, Blog atau Online Store: Bagi perusahaan yang ingin menjual produknya secara online maka harus memiliki salah satu atau keseluruhan dari Website, Blog atau Online Store
  • Email Marketing: Email marketing tentu saja berbeda dengan alamat email. Email marketing adalah sebuah software yang digunakan untuk mengirimkan email ke banyak orang sekaligus secara personal dan kaya dengan fitur. Email marketing juga bisa melakukan pengiriman email secara otomatis kepada subscriber kamu dengan fitur automation.

Pekerjaan Umum yang dilakukan dalam Digital Marketing

Para digital marketer biasanya melakukan pekerjaan sebagai berikut:

  • Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization): Search Engine Optimization atau SEO biasa dilakukan oleh para digital marketer yang memiliki blog atau website. Mereka membuat artikel yang berisi konten tentang berbagai hal yang banyak dicari orang dengan harapan artikel mereka akan ditemukan oleh pengunjung website saat seseorang mencari konten tersebut di mesin pencarian seperti Google, Bing dan lain sebagaiya. Biasanya di dalam artikel yang mereka buat akan disisipkan call to action link, yang bertujuan mengarahkan pembaca artikel tersebut untuk mengunjungi sebuah halaman website yang berisi penjelasan produk atau jasa yang mereka jual. Selain mereka membuat artikel, mereka juga membuat landing page yang berisi penjelasan detail mengenai produk atau jasa yang mereka jual beserta cara pembelian produk tersebut.
  • Eksis di Sosial Media: Media sosial seperti Facebook dan Instagram saat ini banyak sekali digunakan oleh penggunanya untuk berjualan produk secara terang-terangan. Sebenarnya cara tersebut tidak menyalahi aturan dalam bersosial media, namun cara tersebut tentunya kurang efektif untuk menjalankan digital marketing. Jika tujuan penggunaan sosial media adalah untuk keperluan digital marketing. Sebagai digital marketer kamu harus mampu menyajikan konten-konten kreatif atau konten bermanfaat terlebih dahulu yang bertujuan memberikan value bagi para follower kamu tanpa memikirkan berjualan terlebih dahulu. Kamu boleh saja menyisipkan pesan-pesan berjualan kamu tetapi harus dibarengi dengan memberikan konten umum yang bermanfaat dari konten yang kamu posting. 
  • Aktif membuat Video: Saat ini kebanyakan orang lebih suka menonton video dari pada membaca sebuah artikel. Video streaming seperti Youtube banyak sekali dimanfaatkan oleh para youtuber untuk mereview produk padahal produk tersebut bukanlah produk mereka atau produk perusahan tempat mereka bekerja. Dari review produk yang mereka lakukan, banyak sekali yang akhirnya menanyakan dimana mereka bisa  membeli produk tersebut. Pertanyaannya adalah, jika orang mau mereview produk orang lain tanpa dibayar oleh pemilik produk dan hasilnya begitu efektif serta menarik banyak perhatian penonton, mengapa kamu tidak melakukan review dan memperkenalkan manfaat produk kamu sendiri seperti yang mereka lakukan?
  • Mengirim Email Campaign menggunakan Email Marketing: Rangkaian dari pelaksanaan email marketing memerlukan beberapa tahapan. Mulai dari pembuatan artikel di website atau blog untuk mendatangkan traffic, mengumpulkan subscriber list melalui formulir yang disematkan di artikel tersebut, membuat email automation bagi pengunjung website yang mengisi formulir di artikel website atau blog, dan barulah bisa mengirimkan email campaign atas produk yang akan dijual kepada seluruh subscriber menggunakan email marketing tools.
  • Menggunakan jasa iklan digital: Jasa iklan digital yang dimaksud di sini adalah iklan berbasis internet dan bukan iklan di televisi. Jasa iklan yang biasa digunakan oleh para digital marketer antara lain: Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads dan Youtube Ads. Iklan digital semacam ini dipandang jauh lebih efektif dan lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di media lain seperti televisi atau papan reklame.

Itulah beberapa hal yang dilakukan oleh seorang digital marketer dalam memanfaatkan media digital sebagai alat untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Selamat mencoba dan salam sukses selalu.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment