Seberapa Penting Keamanan Jaringan Server Untuk Bisnis Online

Pada zaman sekrang ini dimana teknologi sudah semakin canggih, popularitas online shop tumbuh hampir di seluruh Negara di dunia. Tak terkecuali Indonesia yang ekonomi digitalnya terbesar di Asia Tenggara. Dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan dari pelanggan kepada penjual maupun sebaliknya, sistem kemanan jaringan server menjadi hal yang sangat penting di lakukan.

Akan tetapi pada akhir akhir ini banyak laporan di media elektronik maupun media cetak yang memberitakan tentang cyber security (serangan saber). Itu terjadi akibat dari tingkat kemanan jaringan server yang tidak cukup kuat. Salah satu berita yang sedang trend adalah β€œIndomaret Rugi 2,5 Miliyar Akibat servernya di Retas” di kutip dari Kompas.com

Banyak dampak kerugian yang di timbulkan akibat dari cyber security. Selain kerugian finansial, reputasi perusahaan pun bisa semakin turun. Sebagai pemilik bisnis online Anda harus membuat konsumen percaya terhadap kemanan baik kemanan dalam ber transaksi, informasi pribadi konsumen maupun dari website itu sendiri. Karena rincian pembayaran, data transaksi pembayaran dan juga informasi data pribadi konsumen merupakan hal yang sensitive dalam sebuah bisnis online. Apabila beberapa hal tersebut di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertangung jawab dapat membahayakan bisnis Anda.

Cyber security sendiri banyak sekali menyerang perusahaan perusahaan rintsan digital (Star Up) dan e-commerce, meski demikian lembaga lain seperti bank dan perusahaan telekounikasi juga tak luput dari sasaran cyber security. Ada beberapa hal perusahaan perusahan di Indonesia rentan terhadap kejahatan cyber security.

Berikut 5 hal penyebab kemanan jaringan server rentan di bobol

  • Minimnya kesadaran pegawai
  • Minimnya rencana merespon serangan
  • Kurang tegas dalam penegakan kebijakan
  • Serangan saiber hanya masalah IT
  • Perangkat USB dan SPAM

Dengan tinggi nya system keamanan jaringan server, secara otomatis konsumen akan merasa aman dalam melakukan transaksi pembelian dan Anda dapat mempromosikan penjualan produk milik perusahaan Anda lebih luas lagi. Sebagai pemilik bisnis Anda juga harus menyadari beberapa layanan keamanan yang dapat memastikan kemanan jaringan website anda di lindungi secara menyeluruh sehingga kepercayaan konsumen dapat meningkat.

Pentingnya otentifikasi

Otetifikasi adalah sebuah proses identifikasi bahwa sebuah toko maupun pelanggan tersebut valid. Dengan melakukan otentifikasi, jaringan kemanan kita akan lebih aman karena mendapatkan sertifikat digital. Proses ini juga dapat membuat kedua belah pihak tenang dan aman bahwa ada  penjual dan pembeli asli.

Pentingnya keamanan Website

Sebuah website penjualan, keamanan website adalah hal yang mutlak di lakukan. Jika security di website tersebut sudah tacinggih bisa membuat pemilik website menjadi tenang dari kejahatan cyber crime dan pembeli pun merasa aman dalam melakukan transaksi.

Banyak cara agar situs website penjualan Anda lebih aman, salah satunya dengan menggunakan layanan secure socket layers (SSL). SSL ini berfungsi untuk mengenkripsi data dari pelanggan ke server selain itu juga terdapat (PKI) Public Key Infrastructure yang berfungsi untuk memastikan privasi dan integritas agar selalu terjaga. Jika website sudah terjaga dengan SSL. Transaksi menggunakan kartu kredit pun akan sedikit aman walapun tidak 100 % di karenakan data informasi pribadi customer.

Melihat dari sudut pandang customer

Selain factor keamanan website, keamanan lainnya adalah penggunaan user name dan kata sandi. User name dan kata sandi yang aman haruslah di kombinasikan dengan angka, huruf dan capital. Tujuannya adalah agar meminimalisirkan kejahatan cyber crime.

Sebelum pembobolan data atau kerusakan terjadi, seorang pemilik bisnis haruslah membuat website anda di percaya oleh customer/pelanggan. Dan juga untuk pelanggan, haruslah tetap hati hati dan waspada jika ingin melakukan transaki e-commerce

Bimo

About the author

Bimo

Leave a Comment