Seberapa Penting Peran Brand Ambasador Terhadap Bisnis?

Written by Anto

Sering kali kita melihat iklan dari sebuah produk atau layanan di televisi maupun di media sosial yang menggunakan peran seorang artis kondang untuk mengiklankan sebuah produk atau layanan. Bintang iklan yang dikontrak dan melakukan promosi produk tersebut dalam berbagai variasi iklan biasa disebut sebagai brand ambassador dari produk tersebut.

Brand ambassador dari sebuah produk tentu saja akan dilarang untuk mempromosikan produk sejenis dari perusahaan pesaing karena terikat perjanjian dan kontrak  kerja sama. Sebagai contoh brand ambassador dari shampo merek A, tentu tidak akan menjadi bintang iklan untuk shampo merek B selama masih dalam masa kontrak dengan perusahaan pemilik merek shampo A.

Brand ambassador atau biasa dikenal sebagai duta merk adalah seorang atau sekelompok orang yang dikontrak oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk  mempromosikan produk atau layanan dari organisasi atau perusahaan yang melakukan kontrak kerja sama dengan brand ambassador tersebut. Perusahaan biasanya memilih sang brand ambassador dari kalangan selebriti untuk membantu mempromosikan produk mereka. Namun sekarang brand ambassador tidak hanya dari kalangan selebriti namun dari kalangan youtuber, selebgram, dan para influencer yang memiliki banyak follower.  

Dengan mengusung duta merek yang memiliki banyak follower dan memiliki reputasi yang baik untuk mempromosikan produk Anda, tentu saja akan bisa membuat brand dari produk anda lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

Fungsi dan Peran Brand Ambassador

1. Memanusiakan Merek atau Produk

Pada dasarnya orang suka membeli produk namun hampir tidak ada satu orangpun yang suka jika ditawarkan untuk membeli sebuah produk. Dengan menggunakan brand ambassador sebagai mediator penyampaian manfaat produk yang diprmosikan dengan konsep iklan yang menarik, maka dengan mudah bagi perusahaan untuk penyampaian manfaat dan brand image dari produk tersebut kepada masyarakat tanpa kesan menawarkan penjualan secara langsung. Orang lebih tertarik kepada suatu produk jika orang lain apalagi kalangan selebriti sudah memakai produk tersebut.

Brand ambasador adalah perwakilan dari perusahaan yang mampu menjalankan tugas sebagai tenaga penjualan dengan bertindak seolah-olah sebagai pengguna yang puas terhadap produk tersebut dan tanpa kesan dibayar untuk berpromosi.

2. Meningkatkan Jangkauan Merek

Banyak perusahaan telah memanfaatkan akun media sosial saat ini untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Namun tidak banyak yang mengikuti akun media soosial tersebut untuk tujuan mendapatkan newsletter atau promosi dari perusahaan tersebut. Kebanyakan masyarakat yang mengikuti akun media sosial sebuah perusahaan justru untuk tujuan menyampaikan keluhan atau komplain. Jadi jika perusahaan menggunakan akun media sosial untuk melakukan promosi atau branding dari sebuah produk akan kurang efektif.

Untuk berpromosi melalui media sosial atau media lainnya akan lebih efektif jika mengunakan peran seorang brand ambassador yang sudah memiliki banyak followers. Sekali mereka posting sesuatu termasuk memposting endorse produk Anda di akun media sosialnya, maka seketika itu pula produk Anda akan dilihat oleh para penggemar dari brand ambassador yang Anda pilih tersebut. Dengan demikian brand dari  produk Anda akan dikenal lebih luas dan lebih cepat.

3. Brand Ambassador Bisa Meningkatkan Reputasi Produk dan Perusahaan Anda

Di zaman yang serba terbuka seperti sekarang ini, informasi bisa menyebar begitu cepat. Dalam memilih sebuah produk, orang akan lebih percaya terhadap review atau ulasan dari para pengguna produk tersebut ketimbang melihat iklan yang menonjolkan penjualan produk dari perusahaan pemilik produk tersebut.

Jutaan youtuber bermunculan melakukan review produk untuk mendapatkan perhatian dari para subscriber dan dari para pemilik produk. Tidak jarang seorang youtuber yang memiliki subscriber cukup banyak akhirnya dibayar untuk mereview sebuah produk tertentu. Jika yang me-review produk hanya seorang youtuber biasa saja namun bisa meningkatkan penjualan yang cukup signifikan, apalagi jika pemilik produk membayar seorang brand ambassador yang lazimnya sudah punya nama dan sudah menjadi seorang influencer? Tentunya akan bisa meledakkan angka penjualan produk Anda karena kekuatan word of mouth dari seorang influencer memiliki pengaruh yang sangat efektif.

Itulah beberapa fungsi dan peran brand ambassador  terhadap produk dan bisnis Anda. Bagaimanapun, kehadiran brand ambassador tersebut bertujuan untuk menarik perhatian konsumen pada sebuah merek atau produk. Selain itu menggunakan brand ambassador dinilai mampu mendongkrak brand awareness produk atau merek tertentu. Dan yang tidak kalah penting brand ambassador dianggap mampu menggiring seseorang untuk memilih dan membeli sebuah produk secara soft selling.

Makanya, tidak heran kalau akhirnya perusahaan kini berlomba-lomba menggandeng sosok selebriti, selebgram, vlogger, youtubers atau tokoh yang dianggap memiliki basis massa atau memiliki pengaruh (influence) yang besar. Cara ini diharapkan dapat menggaet konsumen yang lebih luas lagi demi mendongkrak brand image serta penjualan produk perusahaan tersebut.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment