Reseller? Kamu Harus Baca: Sejarah Marketplace Terbesar di Indonesia

Written by Doni

Sejarah Marketplace Terbesar di Indonesia Mengutip laman wikipedia “Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009 tepatnya pada 6 februari 2009 dan situsnya diluncurkan pada 17 Agustus 2019, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara” Ada dua pendiri tokopedia yaitu William Tanuwijaya (saat ini menjabat sebagai CEO PT. Tokopedia) bersama sahabat nya Leontinus Alpha Edison (saat ini menjabat sebagai CTO PT. Tokopedia) Ide mendirikan Tokopedia adalah dari pengalaman William Tanuwijaya, dia pernah bekerja di sebuah forum jual beli dan dia sering mendapatkan komplain penipuan transaksi online. Dari pengalaman itulah dia mencoba membuat situs jual beli yang aman dalam transaksi online, namum tekad tersebut terkendala oleh masalah modal. Lama perjalanan founder Tokopedia ini untuk berhasil mendapatkan modal, sekitar 2 tahun dia baru bisa mendapatkan modal. Itupun dari atasanya sendiri, yang pada awalnya banyak yang menolak karena melihat William Tanuwijaya bukan berasal dari keluarga pebisnis. Modal yang diberikan atasanyapun hanya sebesar 10%.

Tokopedia Berkembang Secara Pesat

“Saat pertama perilisannya tokopedia mengklaim hanya butuh 12 menit saja untuk mendapatkan order pertamanya. Saat itu tokopedia hanya memiliki 4 karyawan, dua diantaranya adalah pendiri tokopedia. Mereka belum memiliki kantor, sehingga melakukan pekerjaannya masih di rumah masing-masing.” Perjalanan Tokopedia pada tahun pertama bisa dibilang cukup baik dan sangat membanggakan. Bisa dibilang seperti itu karena terbukti dengan adanya perolehan penghargaan dari Bubu Award sebagai salah satu Bisnis Startup E-commerce terbaik di Indonesia.

Download E-Book Gratis 6 Cara Mengenalkan Produkmu ke Internet

 

Download Sekarang Juga

Tokopedia diterima sangat baik, mendapatkan banyak antusias dari berbagai kalangan merchant dan customer. Pada bulan pertama berdiri Tokopedia berhasil berkerjasama dengan 509 merchants dengan 4560 members. Jumlah tersebut terus bertambah dengan sangat cepat hingga pada ulang tahun pertamanya pada 17 Agustus 2010 Tokopedia berhasil menggaet 4659 merchants dengan 44785 members. Setelah satu tahun yang luar biasa, perusahaan yang dipimpin oleh kedua orang tersebut meluncurkan berbagai inovasi pada fitur mereka, kecepatan akses dan layanan customer care terus di tingkatkan. Tokopedia banyak bekerjasama dengan bank-bank di Indonesia demi menghadirkan rasa aman dalam transaksi merchant dan customer. Dan juga pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke salah satu rekening Tokopedia, Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash, dan BCA KlikPay Nah itu dia kira-kira artikel Sejarah Marketplace Terbesar di Indonesia gimana setelah membaca sejarah Tokopedia? Ya, semua orang memulai dari nol. Kalau kamu baru memulai atau sudah memulai dengan transaksi kecil-kecilan jangan berkecil hati. Semua orang bisa menjadi sukses tergantung bagaimana dia bekerja keras, komitmen dan konsisten. Baca Juga : Jangan Cuman Jago Jualan Aja. Reseller Toko Online Harus Melek pembukuan]]>

Doni

About the author

Doni

Leave a Comment