Sistem Akuntansi yang harus Digunakan UKM

Written by Yopi

Sistem akuntansi ialah ikhtisar yang terdiri dari pencatatan transaksi keuangan secara komputerisasi untuk merekam, mengkategorikan, menganalisis, dan untuk dilaporkan kepada manajemen keuangan berupa informasi laporan keuangan yang tepat waktu. Sistem akuntansi memiliki banyak fungsi seperti mengumpulkan dan menyimpan data transaksi, memproses data menjadi informasi untuk pengambilan keputusan, dan menjadi alat kontrol organisasi.

Sistem akuntansi sangat penting digunakan untuk semua jenis usaha, baik usaha dagang, usaha jasa (kontraktor) ataupun jenis usaha manufaktur yang kegiatannya mengolah bahan baku hingga menjadi darang setengah jadi dan barang jadi (finish goods). Sistem akuntansi juga tidak hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, tetapi juga digunakan oleh usaha kecil menengah (UKM) untuk membantu pekerjaan pencatatan akuntansi untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan usaha.

Sistem akuntansi yang digunakan haruslah saling terintegrasi antar masing-masing bagian sehingga apa yang di kerjakan oleh bagian lain secara otomatis akan terupdate ke laporan keuangan perusahaan dan memudahkan pekerjaan pencatatan akuntansi. Unsur-unsur yang terdapat dalam sistem akuntasi secara umum diantaranya:

Pengisian Formulir Pencatatan Transakai

Pengisian formulir adalah dokumen yang menjadi dasar pencatatan transaksi keuangan yang terjadi Contohnya transaksi penjualan (Sales Order, Delivery Order, Sales Invoice, Customer Receipt), transaksi pembelian (Purchase Order, Recived Item, Purchase Invoice, Purchase Payment)

Pencatatan Penjurnalan

Jurnal adalah bagian dalam akuntansi yang mengelompokan transaksi keuangan sejenis yang secara otomatis terposting kedalam buku besar untuk proses pembuatan laporan keuangan perusahaan. Dalam sistem akuntansi komputerisasi terdapat beberapa transaksi yang secara otomatis terjurnal.

Buku Besar(General ledger)

Buku besar (general ledger) terdiri dari kumpulan akun-akun untuk meringkas dan merangkum merangkum data keuangan yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal. Rekening buku besar juga sering dinamakan tempat penggolongan data keuangan untuk penyajian laporan keuangan. 

Buku Besar Pembantu (subsidiary ladger)

Buku pembantu berisi rekening-rekening pembantu yang berisi data keuangan. Contohnya adalah mengelompokkan jenis transaksi yang terjadi di suatu perusahaan dan transaksi lainnya seperti laporan piutang, laporan hutang.

Laporan Keuangan

Laporan adalah hasil akhir dari proses akuntansi yang terdiri dari neraca, laporan perubahan modal, laporan laba/rugi, laporan harga pokok produksi, laporan harga pokok penjualan, daftar utang, dan daftar saldo persediaan dll.

Sistem akuntansi atau software akuntansi saat ini sangat banyak digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia, baik Software akuntansi berbasis cloud ataupun software akuntansi berbasis desktop atau offline. Tentu nya masing-masing sistem akuntansi memiliki keunggulan daripada masih menggunakan cara-cara yang masih manual. Berikut pilihan Software akuntansi yang beredar di pasaran saat ini, diantaranya adalah:

Pertama: ACCURATE Accounting Software (Paling Recomended)

Software akuntansi terbaik yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap, Anda dapat menggunakan software ACCURATE dengan sangat mudah. Dalam paket software Accurate ini juga sudah disediakan E-book panduan untuk menggunakannya. Terdapat beberapa versi yang ditawarkan software akuntansi Indonesia yang satu ini antara lain ACCURATE Standard, ACCURATE Deluxe Edition dan ACCURATE Enterprise Edition. Untuk harga software Akuntansi Accurate sendiri dipatok antara 9.680.00 S/D 38.500.000 rupiah. Info detail Software Accurate Online

Kedua: Easy Accounting System (EAS)

Software aplikasi akuntansi berikutnya adalah EAS, software ini menawarkan tampilan yang lebih user friendly dengan fitur yang cukup lengkap untuk keperluan administrasi keuangan. sama seperti software akuntansi sebelumnya EAS juga menawarkan beberapa versi diantaranya EASY Accounting Trading Edition, EASY Accounting Project Edition, EASY Accounting Platinum Edition, EASY Accounting Enterprise.

Ketiga: Zahir Accounting

Software akuntansi yang satu ini menawarkan fitur yang tidak kalah lengkap, dan dalam penggunaannya juga cukup mudah. Software ini pertama kali dibuat sekitar tahun 1996 dan untuk saat ini telah beberapa kali mengalami penambahan - penambahan fitur. Sementara untuk versi, Software akuntansi buatan Indonesia yang satu ini menawarkan beberapa varian yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, diataranya Zahir Small Business, Zahir Flexy Trade, Zahir Personal, Zahir Standard, Zahir Enterprise, Zahir Enterprise Plus. 

Keempat: Omega Accounting

Software aplikasi Akuntansi buatan Indonesia yang satu ini dirancang untuk mengelola data keuangan secara cepat dengan fitur yang tidak kalah lengkap. Berbeda dengan software sebelumnya, Omega Accounting menggunakan konsep penyimpanan Cloud, sehingga sobat dapat mengontrol laporan keuangan dari kapanpun dan dimanapun.

Kelima: FINA Accounting

FINA Accounting merupakan software akuntansi buatan Indonesia. Software ini didesign dengan cukup user friendly dengan fitur yang cukup lengkap versi yang disediakan oleh pengembang diantaranya, FINA Anyware, FINA for Distributor dan FINA for Manufacturing.

Anda dapat menentukan Sistem / Software akuntansi mana yang akan Anda gunakan, tentunya juga Software akuntannsi yang akan digunakan haruslah handal sehingga dapat membantu pekerjaan akuntansi di perusahaan Anda.

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment