Sumber Modal Usaha Untuk UKM

Written by Ichsan

Hallo Sahabat Entrepreneur, kita kembali lagi dan tidak pernah bosan kali ini Ichsan memberikan tips dengan sejuta manfaat bagi kamu yang sedang ingin mencari inspirasi. Nah di artikel kali ini Ichsan akan memberikan Tips bagaimana sih Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk UKM, Oke kita langsung aja...

Langkah awal saat kita ingin memutuskan untuk membangun usaha sendiri, yang pertama kali terpikir adalah apakah kita memiliki modal usaha yang cukup? Modal usaha memang faktor yang paling utama dalam membuka usaha sendiri. Tanpa modal usaha yang kita punya, sepertinya sebuah rencana usaha akan tinggal mimpi dan sulit untuk tercapai.

Besar atau tidaknya modal tergantung jenis usaha yang akan dibangun.  Bila usaha yang akan dimulai adalah toko kelontong misalnya, maka modalnya akan lebih besar dari pada bila Anda membangun sebuah usaha jual beli pulsa.  Begitu juga modal usaha katering akan lebih mahal dibanding modal usaha membuat penerbitan yang saat ini bisa mengunakan digital.

Perlu diketahui, mencari modal usaha tidaklah sesulit beberapa tahun yang lalu yang hanya melalui jalur konvensional seperti bank.  Kini banyak cara untuk memperoleh modal usaha secara orang lebih kreatif. Tidak percaya? Silakan dicek beberapa Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk UKM.

 

  1. Pinjam dari Bank dengan jaminan

Sumber Modal Usaha Untuk UKM

Pinjam dari Bank adalah tempat yang paling sering dituju orang yang membutuhkan modal usaha.  Ada program pinjaman di bank yang dinamakan kredit multi guna (KMG) dimana Anda memberikan sejumlah jaminan misalnya aset properti atau kendaraan bermotor kepada bank. Bunga yang ditawarkan antara 9-12 persen dengan tenor antara lima hingga 20 tahun, tergantung jumlah pinjaman yang diambil.

 

  1. Memakai Tabungan

Sumber Modal Usaha Untuk UKM

Cara ini adalah cara yang paling tidak beresiko bagi kamu yang ingin tidak mempunyai hutang atau bunga yang tinggi. Cara ini jauh lebih aman karena tidak berisiko berhutang.

 

  1. Modal atau Usaha Bersama

Sumber Modal Usaha Untuk UKM

Selain meminjam modal, Anda juga bisa mengajak serta teman atau bahkan keluarga untuk bergabung atau berinvestasi di dalam bisnis kuliner yang akan Anda jalankan nanti. Sehingga Anda tidak perlu meminjam, namun justru bertindak sebagai pengelola bisnis saja. Dalam hal ini, Anda tidak akan ikut serta untuk menanggung kerugian jika terjadi akibat kegagalan.

Usaha bersama ini bisa Anda lakukan tapi harus memiliki aturan dan juga sistem yang jelas terlebih dahulu dalam bisnis tersebut. Ini penting, untuk mencegah terjadinya berbagai masalah di kemudian hari.

  1. Modal Pinjaman Online Berbasis Aplikasi Lainnya

Sumber Modal Usaha Untuk UKM

Sekarang ini sudah banyak sekali pinjaman tunai berbasis aplikasi yang bisa dilakukan secara online. Bahkan persayaratannya pun sangat mudah dan pencairan cepat, hanya membutuhkan waktu 1x24 jam hingga 2x24 jam saja. Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis kuliner yang diimpikan. Namun untuk jenis pinjaman tunai model ini rata-rata relative lebih kecil nominalnya.

  1. KUR

Sumber Modal Usaha Untuk UKM

Kamu juga bisa memanfaatkan program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk menjalankan program ini, pemerintah bekerja sama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan beberapa bank. Kredit yang disalurkan memiliki limit hingga Rp500 juta.

Pilih Sumber Modal yang Paling Tepat dan Sesuai Kebutuhan. Jika ingin menjalankan bisnis kuliner, maka pastikan Anda merencanakannya dengan baik, termasuk pengadaan modal bisnis tersebut.Hitung dan pilih sumber modal yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan Anda, sehingga bisnis kuliner bisa segera dijalankan dengan baik. Jangan lupa untuk selalu memperhitungkan segala sesuatunya secara teliti, agar bisnis ini bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat nantinya.

Ichsan
Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate

About the author

Ichsan

Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate

Leave a Comment