Tentang Social Media Marketing 2020

Written by Karunia

Social Media Marketing atau pemasaran media sosial sekarang tidak dapat dipandang sebelah mata. Bahkan media sosial menjadi ujung tombak marketing saat ini. Sebab di media sosial Anda bisa menemukan konsumen yang tepat dan membangun citra perusahaan dengan baik.

Diperlukan strategi yang matang agar hasil yang didapat dari social media marketing memuaskan. Nah, pada artikel ini Anda akan belajar membuat strategi social media marketing secara lengkap.

Media Sosial Populer di Indonesia

Sebelum anda membuat strategi social media marketing, ada baiknya Anda memahami sekilas tentang penggunaan media sosial di Indonesia. Meskipun kebanyakan media sosial bersifat global yang bisa menghubungkan penggunanya tanpa batas geografis, media sosial populer di setiap negara berbeda-beda.

Misalnya, popularitas WhatsApp memang tinggi di Indonesia, tetapi tidak begitu populer di Korea Selatan. Twitter bisa jadi merupakan media sosial populer di Indonesia, tetapi popularitasnya belum tentu sama di Myanmar, misalnya.

Berdasarkan riset We Are Social 2018, 10 platform media sosial paling populer di Indonesia adalah sebagai berikut: YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram, LINE, BBM, Twitter, Google+, FB Messenger, dan LinkedIn.

Youtube 

Menurut Wikipedia, YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini. Sedangkan Youtube hadir di Indonesia mulai dari tahun 2005.

Facebook

Menurut Wikipedia, Facebook, Inc. adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Instagram

Menurut Wikipedia, Instagram (juga disebut IG atau Insta) adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan fiter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Apakah Anda harus melakukan kampanye social media marketing di semua platform tersebut? Tentu saja tidak. Anda perlu melakukan riset untuk menentukan platform mana yang paling cocok dan paling menghasilkan untuk bisnis Anda.

Sebagai gambaran singkat, berikut adalah beberapa profil pengguna media sosial Indonesia:

Strategi Social Media Marketing 2020

Mengelola media sosial tanpa strategi sama saja bekerja tanpa rencana. Tidak jelas target apa yang ingin dicapai, siapa yang ingin dijangkau, dan masalah apa yang ingin diselesaikan. Menjalankan social media marketing tanpa strategi akan berakibat negatif terhadap bisnis Anda. Oleh karena itu, langkah pertama social media marketing adalah menyusun strategi. Berikut adalah langkah-langkah menyusun strategi untuk kampanye media sosial Anda:

Baca Juga : 5 Tips Online Marketing untuk Pemula

1. Riset Audiens

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, Anda tidak bisa menggunakan semua platform untuk kampanye media sosial Anda. Sebab masing-masing bisnis memiliki target konsumen yang berbeda dan setiap platform media sosial juga memiliki karakteristik user masing-masing.

Bisa jadi sebuah bisnis perlu melakukan kampanye media sosial di Instagram, Facebook, dan Twitter. Sedangkan bisnis lainnya mungkin hanya perlu menggunakan Instagram saja. Mungkin bisnis Anda perlu melakukan pemasaran media sosial di Instagram, LinkedIn, dan Whatsapp.

Bagaimana menentukan media sosial yang cocok untuk bisnis Anda? Jawabannya adalah riset. Anda perlu melakukan riset audiens untuk menentukan media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.  

Salah satu cara metode riset audiens yang efektif adalah teknik Bulls Eye yang dikembangkan oleh Gabriel Weinberg dan Justin Mares untuk memetakan strategi pemasaran di media sosial.

2. Membuat Goals yang Jelas

Strategi apa pun jika tidak memiliki goals atau tujuan yang jelas tidak dapat disebut sebagai strategi yang baik. Begitu juga dengan strategi social media marketing. Anda harus menentukan tujuan social media marketing terlebih dahulu sebelum memulai kampanye di media sosial.

Goals social media marketing Anda harus spesifik dan terukur. Jika ini adalah kali pertama Anda menyusun strategi social media marketing, mungkin Anda masih bingung tujuan seperti apa yg harus Anda tetapkan. Salah satu contoh tujuan social media marketing adalah meningkatkan Brand Awareness

Media sosial adalah platform di mana konsumen Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di internet. Menurut riset APJII, pengguna internet Indonesia menghabiskan 87,13 persen waktunya di internet untuk mengakses media sosial.

Hal ini tentu sebaiknya dimanfaatkan untuk membangun persona brand Anda di platform media sosial. Jangan fokus pada konten-konten promosi saja, tetapi isi media sosial bisnis Anda dengan konten yang mampu menunjukkan persona merek Anda sehingga konsumen Anda selalu mengingat merek Anda.

3. Menggunakan Metrik yang Jelas

Dari dua langkah pertama, Anda sudah mendapatkan goals dan target audiens social media marketing Anda. Agar bisa selalu mengevaluasi performa strategi social media marketing, Anda perlu menetapkan metrik yang jelas dan terukur.

Metrik berguna untuk mengukur goals atau tujuan strategi social media marketing Anda. Jadi Anda bisa mengetahui apakah goals Anda sudah tercapai atau belum melalui metrik ini.  

Berikut adalah beberapa metrik yang sering digunakan di kampanye media sosial:

  • Reach

Reach adalah jumlah unique user yang melihat postingan Anda di media sosial

  • Engagement

Engagement adalah jumlah interaksi di konten media sosial Anda.

  • Hashtag and Keyword Performance

Hashtag dan Keyword Performance adalah performa konten media sosial Anda di hashtag dan keyword tertentu

4. Riset Kompetitor

Hampir semua pemilik bisnis kini memanfaatkan media sosial untuk pemasarannya. Begitu juga dengan kompetitor Anda. Supaya bisa memenangkan kompetisi di media sosial, Anda perlu melakukan riset terhadap kompetitor bisnis Anda.

Pelajari seperti apa bentuk kampanye media sosial kompetitor Anda. Keyword apa yang mereka gunakan, hashtag apa yang mereka gunakan, hingga konsep konten seperti apa yang mereka terapkan. Bukan berarti Anda mencuri ide kompetitor, tetapi lebih sebagai analisis untuk pertimbangan dalam menjalankan strategi media sosial Anda.

5. Buat Konten yang Relevan dan Menarik

vloger

Setelah menentukan platform media sosial yang cocok, menemukan target audiens, dan menetapkan goals, kini saatnya Anda membuat konten.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat konten. Sebab ada beberapa konten yang bukannya mendatangkan keuntungan, bahkan bisa membuat orang unfollow atau unlike media sosial bisnis Anda. Berikut adalah enam faktor seseorang unfollow/unlike profil media sosial sebuah bisnis berdasarkan riset Sprout Social:

  • Terlalu Banyak Konten Promosi (46 persen responden)

Terlalu banyak konten promosi akan menyebabkan orang meninggalkan media sosial Anda. Namun, membuat konten non-promosi berlebihan juga bisa berakibat buruk, yaitu menurunnya pembelian. Oleh karena itu, Anda perlu membuat konten yang seimbang antara konten promosi dan non-promosi.

  • Konten Tidak Relevan (41,1 persen responden)

Konten yang tidak relevan dengan bisnis Anda akan membuat orang bingung, “Brand ini jualan apa sih?”. Kebingungan konsumen akan berbuntut pada ketidakyakinan mereka terhadap produk Anda. Jadi selalu pastikan konten yang Anda rilis relevan dengan bisnis/layanan Anda.

  • Terlalu Sering Posting (34,9 persen responden)

Jangankan brand yang terlalu sering posting. Bahkan teman sendiri yang terlalu sering posting pun akan di-unfollow. Sebaiknya buat jadwal posting konten media sosial dengan jumlah posting per hari yang masih masuk akal. Tentu jumlah posting per hari untuk setiap bisnis berbeda-beda. Anda perlu melakukan berbagai riset dan percobaan untuk menentukan jumlah posting per hari yang pas.

  • Istilah Tidak Cocok dengan Brand (29,9 persen responden)

Istilah dan jargon yang Anda gunakan juga perlu menjadi perhatian. Gunakanlah istilah dan jargon yang bisa dipahami oleh konsumen Anda. Penggunaan istilah dan jargon yang tidak sesuai dengan bisnis Anda akan membingungkan konsumen.

  • Media Sosial Terlalu Sepi (17,9 persen responden)

Terlalu banyak posting tidak baik. Begitu juga dengan terlalu sedikit posting. Terlalu sedikit posting akan membuat konsumen berasumsi bisnis Anda sudah tidak aktif lagi. Tentukan porsi posting di media sosial yang pas melalui riset dan percobaan.

  • Tidak Menjawab Pesan (15,3 persen responden)

Salah satu fungsi media sosial adalah untuk menghubungkan konsumen dengan bisnis Anda. Jika Anda tidak interaktif dalam komunikasi dengan konsumen tentu akan membuat konsumen merasa tidak dihargai dan meninggalkan bisnis Anda.

Enam poin di atas bisa sedikit memberikan gambaran bagaimana mengelola konten media sosial yang efektif.

Baca Juga : 8 Cara Keren Marketing Untuk Mendatangkan Konsumen

Karunia
Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

About the author

Karunia

Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

Leave a Comment