Tik Tok For Business, Platform baru yang diluncurkan TikTok untuk Marketers

TikTok telah memperkenalkan platform bisnis. TikTok for Business adalah cara baru untuk membantu perusahaan memperkenalkan merek atau brand produknya dengan kreatif dan menarik.

Mengenal TikTok

TikTok adalah aplikasi yang fenomenal. Saat ini TikTok menjadi aplikasi yang sedang digandrungi remaja dan muda-mudi bahkan dewasa. Menurut lembaga SensorTower, TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh ketujuh di seluruh dunia sepanjang kuartal pertama 2018. TikTok merupakan bagian dari Bytedance Inc, perusahaan internet raksasa China yang juga jadi induk usaha Musical.ly. Di negara asalnya, Tik Tok dikenal dengan nama Douyin. Di Indonesia, Tik Tok resmi diluncurkan pada September 2017.

TikTok mengklaim aplikasi yang berisi video-video 15 detik yang kreatif. Cara kerjanya sederhana, pengguna tinggal merekam video selama 15 detik dan menghiasinya dengan berbagai musik, filter, atau efek-efek seperti kelinci, gambar hati atau bola.

Jika Anda menggunakan TikTok dengan benar, Anda dapat memperkenalkan bisnis atau produk Anda kepada khalayak luas. Bahkan, menurut InfluencerMarketingHub, TikTok memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia, dan itu adalah aplikasi yang paling banyak diunduh untuk Apple pada Q1 2018.

Bagi sebagian orang, ini mungkin sepertinya hanya aplikasi video sinkronisasi bibir untuk remaja, tapi ternyata jauh lebih dari itu. Tentu saja, TikTok bukan platform yang tepat untuk semua jenis bisnis. Anda bisa memperkenalkan produk dan bisnis Anda jika target marketnya adalah remaja hingga orang usia 24 tahun.

1.Pelajari Platform TikTok

Mempelajari platform adalah cara termudah beradaptasi pada aplikasi yang baru saja Anda install. Apalagi jika Anda tertarik untuk promosi bisnis online menggunakan TikTok. Biasanya kebanyakan orang masih meraba-raba kegunaan dan manfaat penggunaan TikTok. Untuk menghindari dijauhi oleh pengguna di TikTok, Anda perlu mempelajari platform. Dengan mempelajari jenis konten apa yang berfungsi pada TikTok dan bagaimana berinteraksi dengan orang lain di platform, bisnis Anda dapat masuk ke dalam budaya secara alami.

Referensi bisa Anda dapatkan dengan melihat halaman trending TikTok. Di sana Anda akan menemukan ribuan video konyol yang dikombinasikan dengan lagu-lagu hit. TikTok berisi konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Aplikasi ini bukan tempat untuk promosi penjualan yang serius. TikTok digunakan terutama oleh orang-orang antara usia 16 dan 24, menurut GlobalWebIndex. Jadi jika target market Anda adalah remaja dan ingin terhubung dengan mereka menggunakan cara yang kreatif, TikTok adalah cara yang tepat.

2. Janis Iklan

TikTok akan mendukung empat jenis iklan pada tahun 2019 yakni konten asli infeed, mengambil alih suatu merek, tantangan dengan menggunakan hashtag. Ini dapat berkontribusi pada tujuan yang berbeda dan akan memiliki hasil yang berbeda berdasarkan jenis iklan yang Anda jalankan.

Konten asli Infeed bertindak serupa dengan iklan cerita pada Snapchat atau Instagram. Mereka bermain dalam layar penuh, dapat dilewati (skip), dan panjangnya harus 9-15 detik, seperti video TikTok lainnya. Anda dapat mengukur keberhasilan iklan melalui pelacakan klik, tayangan, rasio klik-tayang (RKT), dan penayangan video.

Yang paling populer, bisnis ini dapat mengambil alih tagar, di mana Anda membuat tagar dengan tujuan akhir memberi hadiah bagi para peserta. Misalnya, Dreamwork Pictures menjadi tuan rumah dan membuat tantangan berupa penggunaan hashtag yang bertujuan untuk mensukseskan suatu promosi pertunjukan baru dari Netflix, di mana studio tersebut mengundang pengguna TikTok untuk membuat video diri mereka menari menggunakan lagu tema acara dan mempostingnya di bawah tagar #SpiritRidingFree. Seruan ini menjangkau lebih dari 34,4 juta pengguna dengan lebih dari 2,6 juta yang terlibatan.

Ini adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan yang mengakui nilai dan menjalankan sebuah kampanye di TikTok versus platform sosial lainnya, karena Spirit Riding Free adalah acara anak-anak, dan basis pengguna TikTok itu memiliki basis demografis yang hebat untuk kampanyenya, serta gaya kampanye yang sesuai dengan platform.

3. Buat Konten yang Menyenangkan

Semua konten di TikTok adalah tentang kesenangan dan kreativitas. Inilah saatnya untuk membuat konten mengenai produk maupun bisnis online yang menyenangkan dan kreatif. Membuat konten mengenai produk itu sendiri adalah salah satu cara termudah dan paling murah untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok. Ambil ponselmu dan mulailah syuting. Plus, salah satu manfaat terbesar TikTok adalah Anda tidak perlu membuat video yang sangat halus editingnya.

Meskipun video aneh sangat populer di TikTok, jangan coba-coba membuat meme yang keterlaluan jika itu bukan gaya bisnis Anda. Sebagai contoh, brand kosmetik, Lush memamerkan produk mereka dengan demonstrasi video yang menyenangkan diatur ke musik. Konten tersebut tetap sederhana. Video riang gembira yang memamerkan produk Anda akan lebih otentik daripada jika Anda mencoba membuat meme viral dan gagal.

4. Gunakan hashtag yang sesuai

Ini dia cara pertama untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian sesuai judul. Melalui menu Discover, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu Anda meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.

Dengan persebaran yang luas, semakin tinggi juga kemungkinan penambahan angka followers. Melalui hashtag, Anda juga bisa melihat dan menentukan kompetitor Anda. Namun, Anda perlu hindari hashtag yang terlalu umum dan populer. Penggunaan hashtag populer akan membuat konten Anda terkubur.

Lebih baik gunakan hashtag spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis Anda mendapat spotlight. Pilihlah hashtag yang relevan saja, jangan gunakan hashtag terlalu banyak seperti di Instagram. Lalu, tambahkan hashtag #fyp agar muncul di halaman depan pengguna.

5. Kolaborasi dengan influencer TikTok

Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya audience sesuai target market Anda menjadi cara lain untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Namun jangan lupa untuk terus bangun reputasi dengan konten berkualitas. Ajak influencer untuk share dan buat review produk atau jasa usaha Anda.

Sebelum memilih influencer, Anda perlu menganalisis audience dari influencers tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah audience influencer ini cocok dengan target pemasaran produk Anda.

Akan lebih baik lagi jika memang influencers pilihan Anda adalah orang yang sudah lama menggunakan produk Anda. Setelah itu, beri pointers konten yang jelas kepada mereka, berikan juga kebebasan influencer dalam cara mengemas kreasi konten supaya sesuai selera followers mereka. Pengguna lebih tertarik dengan originalitas, meskipun kualitas kurang baik, reviewnya lebih terpercaya.

6. Challenge hashtag

Cara lain untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok adalah dengan meluncurkan challenge hashtag. Challenge hashtag adalah tantangan khusus pengguna TikTok untuk membuat atau mereka ulang konten dan menambahkan hashtag bermerek Anda di dalamnya. Merek Guess adalah salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan challenge hashtag. Guess mendorong pengguna TikTok untuk merekam diri mereka sendiri menggunakan garis denim baru Guess dengan tagar #InMyDenim. Challenge hashtag yang menyenangkan tidak hanya mempromosikan bisnis Anda, tetapi juga mendorong interaksi dan engagement pengguna.

Dan baru-baru ini, sebagaimana dinyatakan dalam artikel Mobile Marketer ini, kampanye #GuacDance yang diprakarsai brand saus Chipotle adalah challenge TikTok dengan kinerja tertinggi di Amerika Serikat. Promosi ini menghabiskan lebih dari 800.000 bumbu sajian dan menjadi perayaan hari guacamole terbesar.

7. Post komentar dan ajak penonton untuk komentar di post Anda

Kehadiran dan aktivitas akun TikTok Anda akan membantu akun tetap hidup dan mudah dicari oleh target pemasaran Anda. Media TikTok mendukung yang namanya frequent user engagement.

Semakin banyak interaksi yang dilakukan, semakin baik bagi akun dan citra brand bisnis online Anda. Salah satu caranya adalah dengan posting komentar. Bangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen Anda. TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah likes. Maka dari itu, pikirkan dengan matang komentar Anda supaya percakapan tetap menarik dan bermakna.

Anda juga bisa post komentar di video konsumen yang membahas produk Anda. Buatlah komentar dengan tulus, menarik, dan sesuai dengan persona brand bisnis online Anda.

8. Gabung TikTok sekarang

TikTok merupakan aplikasi yang relatif baru terutama ke dunia bisnis, Anda hampir tidak akan merasakan  jenuh seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Apalagi aplikasi ini Juga lebih murah untuk dijadikan wadah untuk beriklan, karena belum ada komunitas influencer yang kuat, pengguna akan bersaing untuk mendapatkan sponsor dan penempatan iklan.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menjelajahi berbagai aspek dari bisnis yang Anda miliki, seperti apa yang membuat iklan Anda terasa menyenangkan dan menarik, dan TikTok menyediakan platform di mana aspek-aspek menyenangkan itu akan disambut dan bahkan dapat menghasilkan uang bagi Anda.

Jika di telaah lebih jauh lagi, ini membantu Anda untuk mengambil langkah pertama yang penting dalam pemasaran pada Generasi Z, kelompok generasi yang terkenal sulit dipasarkan, yang menjadi lebih penting karena mereka mendapatkan pijakan yang lebih kuat dalam perekonomian.

 
Ipin
Cant remember
Never forget

About the author

Ipin

Cant remember
Never forget

Leave a Comment