Tips Marketing

Anda mungkin pernah atau sering mendengar kata Marketing, terutama jika Anda bekerja di dalam suatu perusahaan pasti ada yang namanya Divisi Marketing. Lantas apa itu Marketing? Marketing adalah serangkaian aktivitas institusi dalam proses menciptakan pasar, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Marketing memiliki peranan yang sangat penting di dalam suatu perusahaan untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan, dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar. Dengan asumsi bahwa memiliki banyak jumlah pelanggan akan menentukan besarnya pemasukan, semakin besar pemasukan yang berhasil didapatkan, maka perusahaan akan semakin berkembang, demikian pula sebaliknya.

Nah, berikut tujuh tips sukses bagi Perusahaan sebagai panduan untuk Divisi Marketing:

Buat Strategi dan Target Konsumen

Buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik minat pelanggan. Misalnya dengan memberikan potongan harga, menawarkan bonus tertentu untuk pembelian di atas rata-rata, menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus, atau mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya. Seperti menjadi sponsor utama kegiatan sepeda gembira, jalan sehat bersama, serta acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen.

Tentukan juga target dan segmentasi pasar antara produk dan konsumen, seperti produk A cocok untuk konsumen tingkat apa dan buat strategi serta target yang harus Anda raih dalam melakukan kegiatan pemasaran tersebut.

Menguasai Pengetahuan Produk (Product Knowledge)

Satu-satunya cara agar meyakinkan pembeli atau klien adalah dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk tersebut. Dengan mengetahui segala informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk meyakinkan para calon konsumen.

Berikan informasi dengan jelas tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Memahami Perilaku Konsumen

Sebelum menawarkan produk atau jasa ke konsumen, terlebih dahulu tentukan target pasar yang akan Anda bidik. Bisa jadi Anda membidik komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.

Pastikan bahwa Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang marketing yang cerdas harus kenali dulu perilaku konsumen yang Anda bidik untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

Memperluas Jaringan Bisnis dan Pertemanan

Memiliki jaringan bisnis dan pertemanan yang cukup luas tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jaringan bisnis dan pertemanan yang Anda miliki. Mulai dari peluang kerja sama di bidang permodalan, memudahkan Anda dalam pemasaran bisnis.

Tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa kendala dalam menjalankan usaha dapat terselesaikan melalui bantuan jaringan bisnis yang Anda bangun dengan baik. Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka bertambah besar pula peluang yang tercipta untuk mendapatkan calon konsumen baru. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

Memperhatikan Respon Pelanggan

Terkadang setiap pelanggan memberikan respon berbeda-beda terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Bila pelanggan puas dengan produk atau jasa Anda, cantumkan respon tersebut sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan. Namun jika respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.

Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah

Kegiatan marketing memiliki tantangan dan hambatan yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut. Sebagai marketing Anda akan selalu dikejar-kejar dengan target perusahaan atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima para marketing.

Seorang marketing sejati memang harus selalu optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat Anda kepada calon pelanggan menjadi magnet yang kuat, sehingga konsumen yakin memilih produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Menggunakan Software Akuntansi yang Saling Terintegrasi

Setiap perusahaan wajib menggunakan software akuntansi untuk memudahkan penginputan transaksi yang terjadi, baik transaksi pembelian, transaksi penjualan ataupun transaksi pencatatan beban usaha sehingga memudahkan perusahaan dalam pembuatan laporan penjualan ataupun laporan pembelian.

ACCURATE Accounting Software, Software akuntansi dengan modul-modul yang saling terintegrasi sehingga memudahkan penginputan transaksi keuangan antar divisi yang secara otomatis menghasilkan Laporan keuangan perusahaan secara cepat dan akurate. ACCURATE Accounting Software tersedia Versi Online ataupun Versi Desktop yang semakin mudah digunakan

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment