Waresix Raih Modal Seri A dan Siap Support Industri Logistik Tanah Air

Written by Anto

Halo guys infrastruktur semakin membaik di Indonesia, binsis transportasi dan logistik kian maju dan menjadi perhatian para investor. Kamu punya usaha logistik dan ingin mendapatkan suntikan modal dari investor? saya juga mau, hehe. Saat ini investor tidak segan untuk terus menanamkan modalnya ke perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi dan logistik. Contohnya seperti yang saya kutip dari marketeers.com: Waresix, pemain teknologi logistik yang masih terbilang baru di industri ini. Waresix mendapatkan pendanaan Seri A sebesar Rp 205 miliar (US$14,5 juta). Pendanaan Seri A ini terjadi hanya dalam waktu sekitar delapan bulan setelah Waresix mendapat pendanaan pra Seri A sebesar Rp 23 miliar (US$1,6 juta). Dalam pendanaan Seri A ini dipimpin oleh EV Growth dengan partisipasi dari SMDV yang berasal dari Indonesia dan Jungle Ventures, VC asal Singapura yang berinvestasi pada startup unggulan di berbagai sektor bisnis. EV Growth, dana investasi untuk startup tingkat lanjut ( growth stage ) di Asia Tenggara yang didirikan oleh perusahaan modal ventura (VC) regional East Ventures. 

Saat ini Waresix telah memiliki jaringan gudang yang luas tersebar di berbagai lokasi untuk menarik permintaan serta membuat efek jaringan untuk ekosistem truk mereka. "Dengan berekspansi ke bisnis truk, kami bisa memaksimalkan utilisasi area gudang dan juga menghindari operasional truk dengan muatan kosong,” jelas Andree Susanto, Co-Founder dan CEO Waresix. Dengan dana yang begitu besarnya, Waresix berencana memperluas jangkauan agar logistik bisa dengan mudah dijangkau oleh semua orang. Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures mengatakan "salah satu cara untuk mengurangi biaya adalah dengan membangun infrastruktur yang kuat dan efisien, terutama untuk transportasi. Pemerintah juga mengerti hal ini, dan karena itu mereka sedang sangat agresif dalam membangun infrastruktur selama beberapa tahun terakhir, terutama pada tahun 2015". “East Ventures setuju dengan inisiatif pemerintah tersebut dan ingin mendukungnya dengan cara berinvestasi pada pemain utama di industri logistik seperti Waresix,” tambahnya.

Kehadiran Waresix seharusnya memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap bisnis logistik di Indonesia. Waresix menghubungkan pemilik bisnis atau pihak yang ingin mengirimkan barang dengan gudang dan truk yang tersedia di seluruh Indonesia, menghadirkan layanan yang lebih transparan, kualitas layanan yang lebih baik, serta meningkatkan pendapatan untuk para pemilik aset. Ekosistem Waresix yang terus berkembang kini telah menjangkau lebih dari 20.000 truk dan 200 gudang di seluruh Nusantara. Startup logistik ini juga telah meningkatkan penggunaan aset dan menghilangkan peran broker di bisnis logistik. "Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat dalam hal infrastruktur berkat kebijakan-kebijakan pemerintah. Dan pertumbuhan pesat ini juga akan membantu perluasan jangkauan layanan Waresix,” jelas Andree dengan antusias. 

Pertumbuhan Perusahaan Logistik Tidak Terlepas dari Inovasi

Pembangunan infrastruktur adalah hal yang sangat mendasar dan sangat penting bagi kemajuan industri logistik. Namun infrastruktur juga tidak akan cukup berarti tanpa adanya inovasi. Karena inovasi yang Waresix lakukan maka mereka bisa mendapatkan pendanaan seri A dari investor-investor besar. Selain inovasi, transparansi juga sangat diperlukan oleh para investor sebelum mereka mempercayakan dananya untuk dikelola oleh sebuah perusahaan. Transparansi usaha bisa dilihat dari laporan keuangan yang sudah teraudit dengan akurat dan data yang valid. Bagaimana cara perusahaan logistik menyajikan laporan keuangan, menunjukkan pertumbuhan bisnis yang signifikan akan menjadikan investor mau melirik bisnis tersebut dan siap menggelontorkan dananya demi memajukan bisnis tersebut dan mendapatkan keuntungan dari modal yang ditanamkan.

Untuk sekedar membuat laporan keuangan perusahaan logistik, sekarang telah tersedia software akuntansi umum yang sudah digunakan oleh beberapa perusahaan logistik besar seperti ARMAS Logistic Sevice, DCM Logistic, Global Logistic Service dan lain sebagainya. Jika menggunakan bantuan Software Akuntansi Online perusahaan akan lebih mudah melihat pertumbuhan bisnisnya dan lebih mudah dalam melakukan manajemen keuangan sehingga perusahaan lebih fokus pada pengembangan usahanya dan bisa mendapatkan laporan keuangan yang lengkap dan akurat jika sewaktu-waktu diperlukan untuk pengajuan modal ke pihak investor luar.

Software Keuangan Indonesia Primadona UKM

Salah satu software akuntansi online yang saat ini menjadi primadona para pelaku UKM adalah Accurate Online. Informasi lengkapnya bisa diakses melalui website resminya https://accurateonline.id dan disana Anda bisa mencoba secara cuma-cuma alias gratis sesuai rekomendasi video di bawah ini:

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment